Perang di Sektor Kamera

MALANG – Teknologi ponsel cerdas yang semakin melesat akhir-akhir ini membuat pabrikan kamera harus waspada. Pasalnya, dari hari ke hari vendor smartphone terus memperbaiki kualitas fitur kamera. Jika kemampuan kameranya sudah mendekati sempurna, tentu saja user bakal meninggalkan kamera digital dan memilih memanfaatkan fitur tersebut yang ada dalam ponselnya.
Beberapa raksasa ponsel yang serius meningkatkan teknologi di sektor kamera adalah Samsung dan Nokia. Keduanya bahkan saat ini sudah menyelipkan teknologi canggih pada fitur kamera ponsel jagoannya. Samsung dengan Galaxy SIII, sementara Nokia menjagokan Lumia 920.
Kamera pada kedua ponsel ini sama-sama menjagokan resolusi 8 megapiksel yang mampu menghasilkan gambar lebih baik. Meski sama, namun Samsung lebih cerdik daripada sang kompetitor asal Finlandia tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Sales Division Global Teleshop Malang, Silvy Novita.
“Bedanya, pada Galaxy SIII pengguna dapat memilih resolusi kamera yang digunakan. Tersedia enam pilihan, yaitu 8 MP, 6 MP, 3.2 MP, 2.4 MP, 0.9 MP dan 0.3 MP. Sedangkan pada Nokia Lumia 920, pengguna hanya dapat memilih rasio hasil foto yaitu 16:9 atau 4:3,” ungkap Silvy pada Malang Post.
Pengaturan lain yang sama-sama tersedia di kedua smartphone ini adalah Scene Mode dan White Balance. Dan lagi-lagi di pengaturan standar, Galaxy SIII memenangkan pertarungan. Pasalnya ponsel besutan vendor asal Korsel ini memiliki lebih banyak pengaturan, meliputi fokus, kontras, kualitas gambar dan metering.
Selain itu, smartphone mutakhir ini terbilang kaya fitur. Di dalamnya sudah ada fitur timer, anti-shaking, 12 pilihan efek warna dan 10 pilihan shooting mode, termasuk di antaranya burst shot, smile shot, HDR, panorama, beauty shot dan kartun.
Meski kalah di beberapa sektor, namun Nokia boleh sedikit berbangga hati. Pada Lumia 920, Nokia menyematkan ikon shortcut bernama lenses. “Ikon ini digunakan untuk menggunakan fitur kamera yang ditambahkan oleh aplikasi ketiga yang berhubungan dengan kamera,” lanjut gadis berambut panjang ini.
Silvy pun bisa dengan mudah menarik kesimpulan. “Bagi pengguna yang ingin bereksplorasi dan dengan pengaturan manual, Samsung Galaxy SIII layak menjadi pilihan. Namun Nokia Lumia 920 juga tetap memikat karena bisa menampilkan performa mengesankan meski dalam kondisi pencahayaan yang minim,” urainya kepada Malang Post. (tom/nda)