Lakukan Internet Tethering Lewat Bluetooth

MALANG – Lenovo kembali tampil menghadapi ketatnya persaingan pasar Android. Kali ini mereka mengandalkan gacoan anyarnya berlabel S880. Meski berspesifikasi canggih, namun Lenovo membanderol gadget ini dengan harga yang terjangkau. Smartphone yang mendukung multi-touch ini dibanderol Rp 1,9 juta.
Lenovo S880 memiliki kemampuan untuk dual stand-by, alias bisa menggunakan dua kartu GSM sekaligus. Pada setting, bisa dipilih voice call, video call, SMS dan data menggunakan kartu yang mana. Slot kartu SIM pertama mendukung layanan data hingga HSDPA/HSUPA, sedangkan slot kedua hanya mendukung layanan data generasi kedua alias 2G.
Piranti ini bakal semakin memanjakan penggunanya karena mengusung layar 5 inch beresolusi 800x480 piksel. “Bentang layarnya luas. Bahkan dari segi desain dianggap mirip Samsung Galaxy Note,” terang Frotliner Karna Jaya Cell, Fitria Hidayah.
Lenovo S880 berotakkan single-core 1 GHz Cortex-A9, GPU PowerVR SGX531 dan 512 MB RAM dengan memori internal berkapasitas 4 GB. Smartphone ini mengusung sistem operasi Android v4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Konektivitas data pun tergolong lengkap dengan dukungan USB, Bluetooth v2.1 A2DP, Wi-Fi 802.11 b/g/n, GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA. Sedangkan memori eksternal hingga 32GB micro SD.
Seperti pada ponsel pintar kebanyakan, piranti ini juga dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth versi 2, serta GPS dan A-GPS. Piranti ini juga mendukung internet tethering melalui kabel USB maupun WiFi atau hotspot. “Kelebihan lain piranti ini adalah dapat melakukan internet tethering melalui Bluetooth,” tambah gadis ramah ini.
Semua fitur tethering ini dan pengaturannya terdapat pada satu aplikasi bawaan yang bernama Tethering & Portable Hotspot. Selain itu, piranti ini juga memiliki FM transmitter. “Dengan fitur ini, pengguna dapat meneruskan suara yang dihasilkan oleh piranti ini ke piranti lain melalui gelombang FM,” ungkap Fitri kepada Malang Post.
Untuk urusan kamera, Lenovo S880 memiliki dua kamera. Yaitu kamera utama di belakang dan kamera sekunder di depan berkualitas VGA dan support video call menggunakan Skype. Kamera belakang memiliki kemampuan autofocus dengan resolusi 5 megapiksel, lengkap dengan fitur Geo-tagging, face detection, dan touch-focus. Kamera mempunyai kemampuan merekam video dengan resolusi 720p. (tom/nda)