Nokia Lumia 820 Bukan Anak Tiri

MALANG – Nokia boleh-boleh saja mengistimewakan Lumia 920 dengan segala kecanggihannya. Namun tak berarti vendor asal Finlandia itu boleh menganaktirikan Lumia 820. Dirilis bersamaan dengan gadget termutakhir milik Nokia, Lumia 820 tak kalah hebatnya dengan sang kakak.
Ponsel yang diluncurkan akhir 2012 ini merupakan ponsel Windows Phone 8 versi middle end. Banyak keistimewaan yang dihadirkan oleh Nokia untuk adik Lumia 920 ini, salah satunya adalah dapur pacu dual core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1,5 GHz dengan RAM 1GB.
“Jika melihat jeroan milik sang kakak, prosesor yang dimiliki Lumia 820 nyaris tidak berbeda. Kedua ponsel dimotori dengan dapur pacu yang sama sehingga kemampuannya pun tak beda jauh,” ujar Sales Erafone, Rizky Budi Cahyono pada Malang Post.
Perbedaan antara jagoan utama dengan Lumia 820 yang paling kelihatan adalah pada tampilan fisik. Lumia 920 dibekali dengan dimensi layar 4,5 inch dengan resolusi 1280x768. Sementara sang adik, harus puas dengan ukuran dan resolusi layar yang lebih kecil, yakni 4,3 inch dan resolusi 800x480.
Menilik ke bagian penyimpanan, pria yang akrab disapa Kiki ini menjelaskan jika kapasitas ruang memori ponsel ini hanya disediakan sebesar 8 GB. Sang kakak yang menjadi unggulan utama, perkasa dengan on-board memory sebesar 32 GB. Meski kalah, namun pemilik Lumia 820 bisa tetap tertawa lebar. Pasalnya Nokia menyematkan slot memory card yang dapat menampung microSD berkapasitas 64 GB.
“Satu lagi perbedaan yang ada pada kedua ponsel dengan waktu kelahiran hampir bersamaan tersebut, yakni kemampuan kamera. Memang Nokia sama-sama memberikan kamera utama beresolusi 8 megapiksel dan lensa Carl Zeiss Tessar. Namun sang adik harus mengalah dari sang kakak karena ia tidak dibekali dengan teknologi PureView,” terang Kiki.
Dengan berbagai persamaan dan sedikit perbedaan, tentunya memiliki Nokia Lumia 820 tidak ada ruginya. Apalagi banderol harga gadget ini juga tidak semahal sang kakak. User yang penasaran dengan Windows Phone 8 ada baiknya mencicipi ponsel cerdas ini terlebih dahulu sebelum naik kelas. (nda)