Modernisasi Jaringan Indosat Untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Jakarta, 4 Februari 2013 – Menyediakan jaringan telekomunikasi dengan teknologi terkini dan hemat energi adalah upaya Indosat untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan selulernya. Salah satu inisiatif utama sejak 2012 adalah Program Modernisasi Jaringan yang merupakan implementasi kesiapan jaringan Indosat menggunakan teknologi 3G 900 dan LTE menuju 4G.  Program yang akan digelar secara nasional memberikan peningkatan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan suara, sms dan data kecepatan tinggi (broadband) melalui kapasitas jaringan yang lebih tinggi dan cakupan layanan yang lebih luas. Saat ini sudah lebih dari 1000 BTS dipasang di wilayah Jabotabek dan akan dikembangkan di kota-kota besar lainnya di pulau Jawa dan Bali yang secara bertahap. Dalam inagurasi malam ini (4/2), hadir Miss Universe 2012, Olivia Culpo dan Putri Indonesia 2013, Whulandary, untuk menyaksikan peluncuran program ini.
 
Program Modernisasi Jaringan akan mengoperasikan base stations (BTS) Indosat yang didesain khusus menggunakan teknologi terkini dan hemat energi. Penempatan peralatan pemancar radio di tiang menara (atas) memberikan sinyal yang lebih kuat dan coverage yang lebih luas. Sementara penempatan perangkat lainnya di luar ruang memungkinan pemakaian daya listrik yang lebih hemat serta tidak membutuhkan ruangan khusus.
 
“Modernisasi Jaringan akan menjadi fokus kami di tahun ini sebagai bagian dari inisiatif  untuk menjadi pemimpin layanan data sekaligus memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan melalui peningkatan kualitas, kapasitas dan cakupan jaringan yang lebih luas. Hal ini mendukung kesiapan Indosat dalam implementasi 3G 900 secara nasional. Serta kini jaringan Indosat juga siap mendukung teknologi LTE atau 4G bagi kenyamanan pelanggan untuk menikamati layanan data,” demikian disampaikan oleh Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer.  
 
Mengembangkan jaringan secara berkesinambungan terus dilakukan Indosat untuk meningkatkan layanan data. Indosat telah meluncurkan Jaringan Telekomunikasi Teknologi 3G 900 di Sumatera Barat Agustus 2012 dan menjadi operator pertama yang di Indonesia yang menerapkan teknologi ini dan menawarkannya bagi masyarakat melalui layanan broadband Indosat Super3G+. Selain itu, Indosat juga menghadirkan layanan Indosat SuperWifi yang  memudahkan pelanggan Indosat untuk mengakses internet secara seamless  melalui smartphone-nya dengan cepat dan cara koneksi yang mudah karena tidak perlu memasukkan username dan password. Begitu terkoneksi dengan hotspot Indosat SuperWifi, pelanggan langsung bisa berinternet dengan kecepatan hingga 20 Mbps dan unlimited.
 
Erik Meijer menambahkan, ”Saat ini sudah terpasang sekitar 1000 BTS generasi terbaru ini di Jabodetabek, yakni sekitar 10% dari yang direncanakan di Jabodetabek. Kedepannya kita akan pastikan bahwa teknologi terbaru ini bisa segera dinikmati pelanggan setia Indosat sesuai waktu yang direncanakan. Modernisasi jaringan akan dilakukan bertahap secara nasional. Khusus Jabotabek dan Denpasar ditargetkan dapat dioperasikan pada semester I tahun 2013. Kemudian dilanjutkan untuk kota besar lainnya di pulau Jawa di tahun 2013. Diharapkan program modernisasi jaringan ini akan selesai dalam 3 tahun ke depan”.  
 
Dukungan Indosat untuk Program Putri Indonesia 2013
Kunjungan Putri Indonesia 2013 ke Indosat adalah bagian dari kegiatan Indosat sebagai Offical Telecommunications Partner Putri Indonesia 2013. Sebagai mitra, Indosat memberikan fasilitas telekomunikasi gratis selama 1 tahun penuh kepada seluruh finalis Putri Indonesia 2013. Indosat berharap fasilitas ini akan mendukung para finalis Putri Indonesia 2013 dalam melakukan berbagai aktifitas dan tugas mereka sebagai duta bangsa.