Berlomba-Lomba Luncurkan Power Bank

MURAH : Berbagai produk power bank ini dijual dengan harga Rp 70.000.

MALANG– Power bank menjadi salah satu benda yang saat ini kerap diburu masyarakat. Terutama pengguna BlackBerry, menjadi wajib hukumnya untuk memiliki benda tersebut. Jaringan signal yang naik turun, membuat baterai BlackBerry cepat habis. Dan satu-satunya yang dapat membantu agar BlackBerry tetap hidup terutama dalam perjalanan adalah power bank.  Saat kali pertama ada, power bank memang dijual dengan harga sangat mahal. Sehingga banyak orang yang pikir-pikir untuk membeli. Tapi sekarang power bank sudah marak. Benda ini ikut menghujani pasar seluler. Berbagai perusahaan elektronik ini berlomba-loma meluncurkan produk. Tidak seperti awal keluar, produk powerbank yang beredar dipasaran saat ini harganya pun bervariatif.
Seperti yang dijual di LG Acessories Malang Plasa. Toko yang menyediakan aksesori ponsel maupun tablet ini menjual power bank dengan harga mulai Rp 70.000. “Paling murah yang mereknya Music Angle ini. Harganya Rp 70.000 dengan daya 5600 mAh, dan paling mahal yang harganya Rp 380.000 yaitu mereknya Hippo dengan daya 8800 mAh,” kata Suwito, karyawan LG Acessories.  Murahnya harga power bank ini dikatakan oleh Suwito karena memang banyak produk power bank hadir di pasaran. Tapi begitu, Suwito pun menegaskan agar pembeli tidak terjebak dengan harga.
”Murahnya harga powerbank tersebut berpengaruh dengan kualitasnya,” tegasnya. Tidak jarang pembeli power bank harga murah tersebut, kembali dua atau tiga hari setelah membeli, lantaran kondisi power bank yang baru dibelinya rusak.  Tapi bukan berarti pula power bank yang dijual dengan harga mahal juga memiliki kualitas bagus. Sekalipun tidak menunjukkan merek, Suwito pun mengatakan banyak power bank berharga mahal dengan kualitas pas-pasan. “Itu sebabnya, kepada pembeli harus pintar memilih, jangan sampai terkecoh dengan bentuknya, tapi harus beberapa kali dicoba,” papar dia.
Sementara Untung sebagai Frontliner Jaya Mandiri, mengatakan seiring dengan banyaknya produk ponsel juga diikuti dengan berbagai aksesori lainnya, termasuk power bank. Bahkan, lantaran kerap diburu, pihaknya pun menyetok power bank cukup banyak. “Kalau harganya relatif. Ada yang harganya Rp 100.000 sampai Rp 500.000. Tapi yang jelas, benda ini sangat membantu saat kita beraktifitas, tanpa perlu khawatir kehabisan baterai,” ungkapnya. (vik/mar)