BlackBerry Masih Teratas

UNGGUL : BlackBerry masih unggul dalam penjualan pada bulan Januari dan Ferbuari ini.

MALANG– Sekalipun banyak produk smartphone diluncurkan, tapi faktanya belum ada yang menandingi penjualan BlackBerry. Di beberapa pusat penjualan ponsel, BlackBerry masih berada di tingkat teratas penjualan pada bulan Januari hingga kemarin. Global Teleshop contohnya. penjualan ponsel pintar ini mencapai 235 unit. Sementara posisi kedua, adalah Samsung.  Produk asal Korea ini terjual hingga 153 unit selama 44 hari pada tahun 2013 ini. Dan terakhir pembelian paling laris adalah Lenovo. Baik tablet maupun ponsel produk Amerika ini berada di peringkat tiga teratas. Dia mengalahkan produk Nokia, ataupun Sony yang meluncurkan berbagai produk terbaru dengan teknologi mutakhir.
“Lenovo menjadi produk paling dicari selain BlackBerry dan Samsung. Di Global Teleshop sendiri selama satu setengah bulan terakhir sudah laku 65 unit. Sementara untuk Nokia hanya 60 unit, dan Sony 35 unit,” ucap Supervisor Global Teleshop, Bobin Febriyanto kemarin. Menurutnya, sejak dikenalkan tahun 1999 kemudian dirilis di Indonesia, produk BlackBerry memang selalu masuk peringkat teratas pada penjualan. Itu karena produk BlackBerry memberikan kemudahan berkomunikasi, dengan layanan push email, telepon, SMS, menjelajah internet, dan layanan BlackBerry Messenger (BBM). “Banyak yang datang dan membeli BlackBerry lantaran smartphone ini dianggap lebih enak dipakai dibandingkan dengan produk smartphone lainnya,” tambah Bobin, sapaan akrabnya.
Namun begitu, dia juga mengatakan jika dari seluruh produk BlackBery, jenis Curve tetap teratas. Baik Curve 9320 (Amstrong) dan Curve 9220 (Davis). “Dua produk itu yang diburu pembeli. Ditambah lagi produk ini juga mendapatkan hadiah berupa power bank saat pembelian,” tandas dia. Sedangkan di OkeShop Mall Olympic Garden (MOG), penjualan BlackBerry berada di tingkat nomor satu. Dedi Setiawan, Costumer Service Oke Shop MOG mengatakan pada bulan Januari hingga kemarin penjualan handset ini mencapai 57 unit. Sekalipun angka tersebut cukup kecil, tapi dibandingkan merek lainnya, BlackBerry tetap unggul. “Pertama yang laku adalah BlackBerry 57 unit, kemudian Samsung 42 unit dan Lenovo 29 unit. Sementara Nokia dan Sony jarang yang membeli,” ucapnya.
Dijelaskan dia, kehadiran BlackBerry juga digunakan sebagai pelengkap fashion. ”Apalagi sekarang, banyak yang mengatakan tidak gaul jika belum menggunakan Blackberry,” tegasnya. Namun di Erafone, penjualan BlackBerry justru berada di tingkat nomor dua. Posisinya dikalahkan oleh Samsung. Customer Service Erafone, Irfan Catur mengaku penjualan Samsung pada periode bulan Januari hingga kemarin mencapai 74 unit. Angka tersebut terpaut jauh dengan penjualan BlackBerry yang hanya 25 unit. Angka tersebut juga berubah pada bulan Febuari ini. Menurut Irfan, bulan Febuari ini penjualan BlackBerry baru mencapai 7 unit. Sedangkan Samsung sudah terjual 29 unit. “Posisinya malah kalah dengan iPhone, yang sudah laku 11 unit,” tutupnya. (vik/mar)