Cocok untuk Grafik

MALANG – Tidak hanya tablet atau ponsel saja yang terus menerus dirilis di Indonesia, laptop pun demikian. Banyak raksasa elektronik yang menciptakan produk laptop baru, dengan mengunggulkan fitur anyar dan lebih canggih. Salah satunya adalah Toshiba.  Di awal tahun ini, pabrikan asal Jepang tersebut merilis seri M840-1031. Produk teranyar itu banyak diminati oleh user di Malang.
Dijelaskan oleh Kepala Cabang Titan Note Book Centre Ridwan Jaya, laptop ini digandrungi karena sudah dilengkapi turbo boost technology yang kecepatan membaca data bisa mencapai 3.1 GHz dari awal 2.5 GHz. Tak pelak, kata lemot yang kerap tercetus pun sirna saat laptop ini mulai dihidupkan.
“Toshiba juga sudah membenamkan original windows 8 dan otaknya menggunakan CPU intel core 15-3210 M prosesor,” ujar Ridwan pada Malang Post, kemarin.
Bukan hanya teknologi boost yang diunggulkan, layar laptop dengan lebar 14 inch inipun menjadi andalan. Pasalnya, selain menggunakan VGA ATI Radeon, laptop ini dapat menghasilkan gambar grafis yang luar biasa. Detail gambar pun akan betul-betul terlihat dengan jelas. Ditambah dengan sistem HD 7670 yang disematkan, akan membuat pengguna lebih percaya diri dalam membuat grafik.
“Berbeda dengan VGA Geforce yang khusus buat game, seri M840-1031 ini memang diciptakan atau didesain untuk grafik, dan cocok untuk Autocad, 3D Max atau program-program lainnya,’’ kata Ridwan.
Kendati tidak didesain untuk game bukan berarti laptop ini tidak bisa digunakan bermain game. Menurut Ridwan, laptop ini masih tetap bisa dipakai ngegame. Hanya, kualitas gambarnya tidak maksimal. “Kalau game-game berkapasitas kecil memang tidak ada masalah. Tapi kalau yang berkapasitas besar jelas ada masalah. Gambarnya tidak sebagus dengan tampilan pada laptop dengan VGA Geforce.  Sedangkan untuk film tampilan pada seri M840-1031 tidak berbeda. Gambar film yang ditampilkan akan terlihat sangat detail, dan tidak pecah,’’ ucapnya.
Sementara untuk sound, M840-1031 ini sudah lebih canggih di kelasnya. Yaitu menggunakan SRS Premium atau sound Stereo dengan sistem HP. Tak pelak, selain bisa menampilakan gambar bagus saat melihat film, out put suara yang dikeluarkan oleh Laptop ini terdengar sangat jernih dan mantab.
Keunggulan lainnya, pad pada laptop ini hingga 3 point. Laptop ini juga diengkapi dengan power saving, dan Toshiba Hi Start. Dengan Toshiba Hi Start, lanjut Jaya, pengguna hanya memerlukan waktu dua detik untuk setelah memencet tombol on untuk kemudian masuk pada aplikasi. “Yang jelas beberapa fitur lain yang tidak dimiliki oleh laptop jenis dan merek apapun, adalah Toshiba Sleep. Dengan fitur ini laptop bisa digunakan mengecash gadgets sekalipun kondisinya mati,’’ tandas pria yang membanderol laptop canggih tersebut dengan harga Rp 8 jutaan.(vik/nda)