Bobol Ponsel Android dari Freezer

JERMAN - Berbagai cara bisa dilakukan pengguna untuk mengunci data rahasia di Android. Menggunakan password, patern unlock, face detection, atau bahkan melakukan enkripsi. Tapi itu semua bisa dibobol dengan cara unik.
Cara tersebut berhasil ditemukan sepasang hacker bernama Tilo Mueller dan Michael Spreitzenbarth yang masih berkuliah di Erlangen University, Jerman. Mereka membuktikan bahwa membekukan smartphone bisa mengungkap data yang ada di dalamnya meski sudah diproteksi.
Percobaan tersebut dilakukan pada Galaxy Nexus yang sudah mengusung Jelly Bean terbaru. Ponsel dimasukan ke dalam freezer dengan suhu minus 15 derajat, teknik ini mereka sebut Forensic Recovery of Scrambled Telephones (FROST).
Dari hasil uji coba tersebut para peneliti itu berhasil mengungkap sejumlah data yang ada di ponsel, mulai dari gambar, email, bahkan cache memory dari situs-situs yang pernah dikunjungi pengguna. Padahal semua data tersebut sudah dienkripsi dengan baik.
Cara membekukan ponsel untuk mengungkap data di dalamnya sebenarnya bukan teknik baru, aksi ini juga pernah dilakukan untuk menerobos sistem proteksi data di komputer pada 2008 lalu. Namun kini diketahui pula bahwa cara itu bisa dipakai untuk smartphone. (dtc/nda)