Bill Gates Kritik Windows Phone

CALIFORNIA – Chairman Microsoft, Bill Gates mengatakan bahwa sejarah perusahaannya di sektor ponsel merupakan sebuah kesalahan. Kesalahan yang dimaksud ialah Microsoft yang tidak memimpin di pasar ponsel.
Meskipun Gates mulai “menjauhi” Microsoft hampir lima tahun lalu, tapi ia tetap memantau perkembangan perusahaan yang didirikannya. Dan, ia tidak selalu senang dengan apa yang dilihat di Microsoft.
Dalam wawancara di acara televisi CBS This Morning, kemarin (18/2) waktu setempat, sang Chairman ditanyakan apakah dia bahagia dengan performa Chief Executive Officer (CEO) Steve Ballmer. Meski mengaku banyak hal mengagumkan dibawah kepemimpinan Ballmer, tapi ia masih merasa tidak puas dengan inovasi perusahaan tersebut.
“Dia (Ballmer) dan saya merupakan dua orang yang paling mengkritik diri sendiri, Anda bisa bayangkan itu. Dan di sini ada banyak hal mengagumkan yang telah dilakukan di bawah kepemimpinan Steve dengan perusahaan dalam tahun terakhir. Windows 8 ialah kunci masa depan, komputer Surface, Bing yang dilihat sebagai produk pencarian yang lebih baik, dan Xbox,” ungkap Gates, seperti dilansir dariCnet, Selasa (19/2).
“Tapi, apakah itu cukup? Tidak, dia dan saya tidak puas dalam beberapa hal. Tapi kami melakukan hal-hal terobosan sebagai sesuatu yang mungkin terjadi,” lanjutnya.
Secara khusus, Gates mengkritik posisi Microsoft di sektor smartphone. Menurut perusahaan riset International Data Corporation (IDC), perusahaan itu saat ini hanya menguasai 2,4 persen pasarsmartphone.
“Ada banyak hal seperti ponsel, di mana kami tidak keluar menjadi pemimpin di awal. Kami tidak melewatkan ponsel, tapi cara kami ke sana tidak membawa kami ke kepemimpinan. Jadi, ini jelas sebuah kesalahan,”pungkasnya. (oke/nda)