Legenda Ponsel Android (1)

Rupa-rupa Tekno
Ponsel dengan sistem operasi Android tengah menjamur. Memang, Android yang diperkenalkan Google pada tahun 2008 adalah OS mobile terpopuler di dunia dengan market share di kisaran 60 persen.
Sudah tentu, sangat banyak model ponsel Android telah dirilis oleh vendor terkemuka. Beberapa mencapai sukses penjualan dan diminati pasar. Lantas, ponsel Android apa saja yang dinilai paling ikonik, khususnya yang rilis pada masa lalu? Berikut di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. HTC Dream
Tidak ada yang meragukan pentingnya peran handset ini dalam sejarah perkembangan Android. HTC Dream atau yang juga dikenal dengan nama HTC G1 adalah ponsel Android pertama yang masuk ke pasaran. Handset ini rilis pertama kali di Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 2008. Wujudnya cukup menarik dengan layar slider dan keyboard full qwerty. Versi Android yang dipakainya masih 1.6. Prosesor pun masih 528 MHz, namun sudah bertenaga kala itu. Handset ini menandai debut Android yang ternyata kemudian berjaya dalam waktu singkat.

2. HTC Hero
HTC Hero yang keluar pada tahun 2009 semakin menegaskan status HTC sebagai vendor Android papan atas. Hero, yang bentuknya cantik dan punya performa menawan pada zamannya, memang memikat. Desain HTC Hero cukup ikonik dengan bagian bawah layar menekuk ke depan. Spesifikasinya seperti prosesor Qualcomm 528 MHz, kamera 5 megapixel dan OS Android 1.5. Hero dinobatkan sebagai ponsel terbaik tahun 2009 oleh SM Association (GSMA), asosiasi industri GSM dunia. Mengalahkan nominasi ponsel terbaik lain yakni Samsung Star, Nokia N97 mini, BlackBerry Bold 9700 dan Samsung Omnia HD.
3. Samsung Galaxy Spica
Galaxy Spica menempati posisi khusus dalam sejarah ponsel Android Samsung. Ponsel ini masuk dalam jajaran ponsel Android terawal Samsung dan lumayan populer. Dari sisi fitur Galaxy Spica dilengkapi dengan kamera 3 megapixel, prosesor lumayan bertenaga dan RAM 256 MB. Cukup maju saat waktu rilisnya di akhir 2009. Desainnya yang khas juga membuat Galaxy Spica lumayan tenar. Handset ini menandai keseriusan Samsung di jagat Android.

4. Samsung Galaxy S
Sejak zaman dulu, Samsung terus berupaya keras menjegal dominasi Apple iPhone. Upaya mereka akhirnya mulai membuahkan hasil dengan seri Galaxy S. Samsung I9000 Galaxy S yang rilis tahun 2010 mengawali kejayaan Samsung di jagat Android. Handset ini laku keras dalam jumlah belasan juta unit. Dengan desain menarik dan performa nan kencang, Galaxy S disukai fans Android. Seri selanjutnya, S II dan S III malah meraih popularitas lebih mentereng.

5. Sony Ericsson Xperia X10
Xperia X10 diperkenalkan pertama kali pada bulan November 2009. Spesifikasinya cukup maju dengan prosesor 1 GHz dan kamera 8 megapixel. Handset ini cukup sukses di pasaran. Desainnya yang elegan membuatnya lumayan disukai para penggemar Android. Kini meski merek Sony Ericsson sudah tidak diteruskan, Sony masih tetap melanjutkan kiprah di jagat ponsel Android dan masih tetap menyandang nama Xperia. (dtc/nda)