Layar Lebar, Harga Murmer

DUAL SIM: Lenovo A800 merupakan ponsel Android murah dengan kemampuan dual SIM.

Lenovo A800
MALANG – Lenovo terus membombardir pasar ponsel Android di tanah air. Kali ini mereka kembali mencoba menawarkan seri Android murah untuk pecinta gadget berbasis Robot Hijau. Berlabel Lenovo A800, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 1,6 jutaan.
Ponsel cerdas yang satu ini sebenarnya tak masuk dalam kategori ponsel yang istimewa. Pasalnya, Lenovo menampilkannya dengan teknologi yang sudah umum untuk kategori ponsel Android. Bahkan ponsel ini memiliki kesamaan dengan seri S560 yang lebih dulu dirilis.
“Beberapa teknologi yang disematkan oleh Lenovo pada A800 merupakan ‘pindahan’ dari seri S560. Seperti Android yang masih menggunakan Ice Cream Sandwich, kamera 5 megapiksel, dan dual SIM card. Bahkan daya baterainya pun sama persis dengan milik S560, yakni 200 mAh,” beber Sales Division Global Teleshop MOG, Silvy Novita pada Malang Post, kemarin.
Namun ada sedikit yang membedakan antara seri A800 dengan S560. Yang paling terlihat adalah pada dimensi layar. Seri S560 tampil dengan layar 4 inch, sementara A800 mencoba tampil lebih eye catching dengan layar yang lebih lebar, yakni 4,5 inch. Menurut Silvy, Lenovo sengaja mengemas ponsel ini lebih besar karena saat ini tren pasar ponsel cerdas mengarah pada ukuran jumbo.
“Tak hanya memperbesar ukuran layar, pada seri A800 Lenovo juga memperbaiki kualitas layarnya. Pada ponsel teranyar ini, Lenovo sudah berani bermain pada warna layar 16 juta. Kalau disandingkan, kedua tampilan ponsel ini jelas akan timpang,” sambung perempuan ramah itu.
Jika di segi layar A800 boleh berbangga hati karena selangkah lebih baik, tetapi di sektor kamera, ponsel ini harus tetap mengaku sang pendahulu. Pasalnya, oleh Lenovo, fitur kamera A800 hanya diberi satu, yakni di bagian belakang. Sedangkan pada S560, Lenovo menyematkan dua kamera sekaligus, depan dan belakang.
“Meski ada dua, tetapi user jangan terkecoh. Sebab kamera depan Lenovo S560 kemampuannya terbatas. Hanya bisa digunakan untuk memotret dan tidak support untuk video call. Jadi, meski A800 tidak memiliki kamera depan, user tak perlu mengurungkan niatan untuk membelinya,” pungkas Silvy. (nda)