Para Legenda Ponsel Android (Habis)

Rupa-rupa Tekno
Saat ini ponsel berbasis Android sudah akrab di masyarakat Indonesia. OS ini kali pertama dikenalkan oleh Google pada tahun 2008. Setelah HTC dan Samsung, beberapa vendor besar dan lokal mengikuti jejak untuk merilis ponsel Android. Setelah kemarin Malang Post menampilkan lima ponsel Android ‘legenda’, berikut lima ponsel Android lainnya yang juga pantas menyandang gelar sama.

6. Sony Ericsson Xperia Play
Xperia Play coba memadukan fungsionalitas game dengan ponsel Android. Meski penjualannya tidak seperti yang diharapkan, Xperia Play tetap diingat dengan desain dan kemampuan uniknya. Dari sisi 'jeroan', Xperia Play yang rilis tahun 2011 ini dibenamkan prosesor 1 Ghz besutan Qualcomm Snapdragon. Selain itu produk tersebut telah dilengkapi Adreno GPU. Xperia Play menjadi handset pertama dengan sertifikasi PlayStation. Artinya, produk-produk dengan sertifikasi tersebut dapat mengakses konten PlaySation secara eksklusif lewat portal bernama PlayStation Suite

7. Motorola Droid
Motorola sempat sangat terpuruk sebelum Android diperkenalkan. Namun mereka perlahan bangkit, salah satunya berkat kesuksesan Motorola Droid yang rilis pada tahun 2009. Smartphone ini disebut sebagai salah satu ponsel QWERTY slider tertipis saat itu. Beberapa fiturnya antara lain layar beresolusi tinggi dengan ukuran 3.7 inchi, kamera 5 MP serta memori internal 16 GB. Motorola Droid barangkali termasuk salah satu ponsel Android dengan desain terbaik pada zamannya. Seri Droid masih eksis sampai sekarang dengan berbagai model barunya.
8. Motorola Atrix
Saat rilisnya, Atrix dpromosikan Motorola sebagai smartphone powerful di dunia yang bisa dihubungkan ke berbagai perangkat. Smartphone yang mulai diperkenalkan Januari 2010 ini menggunakan sistem operasi Android Froyo. CEO Motorola Mobility Sanjay Jha, memperkenalkan Atrix sebagai ponsel terbaik yang dirilis Motorola saat itu. Handset ini memiliki bentang layar 4 inch beresolusi 960x540 pixel. Selain telah dibekali kemampuan 4G, dalam tubuh Atrix juga tertanam prosesor dual-core Nvidia Tegra 2, RAM 1GB. Atrix diklaim smartphone pertama di dunia yang dilengkapi teknologi fingerprint recognition atau pengenal sidik jari.

9. LG GW620
Bulan November 2009 menandai debut handset pertama LG di dunia Android. Vendor asal Korea Selatan ini merilis LG GW620. GW620 adalah sebuah ponsel Android layar sentuh yang dibekali dengan keyboard qwerty slider. Layar sentuhnya masih resistif. Tidak berbeda jauh daripada smartphone Android pada zamannya, prosesornya pun masih 528MHz, kalah jauh dari Android zaman sekarang. Namun kelahirannya menandai sepak terjang LG di dunia Android.

10. LG Optimus One
Optimus One adalah ponsel Android kelas menengah yang diperkenalkan LG pada Oktober 2010. Optimus One tercatat sebagai handset Android pertama LG yang sukses mencapai jumlah penjualan lebih dari sejuta unit. Optimus One pun sempat mengukir rekor sebagai smartphone dengan penjualan tercepat dalam sejarah LG, dengan rata-rata terjual 25 ribu unit per hari. Ponsel ini mengusung layar berukuran 3,2 inch yang sanggup menampilkan resolusi hingga 320 X 480 pixel. Optimus One dibekali prosesor 600 MHz dengan kapasitas memory 512 MB. (dtc/nda)