Sembilan Game Perdana di PlayStation 4

JAKARTA- Sony hanya mengungkap perangkat kontroler PlayStation 4 dalam event PlayStation Meeting 2013. Namun pada event itu, sejumlah developer game juga tampil satu-persatu menunjukan hasil karya mereka yang akan berjalan pada platform PlayStation 4 nantinya. Mulai dari Ubisoft, Capcom, Square Enix hingga Blizzard tampil dalam event tersebut untuk memamerkan game-game terbaru mereka yang ditujukan bagi PlayStation 4. Tentunya selain gameplay yang menarik, kualitas grafis adalah salah satu hal yang paling ditonjolkan oleh para produsen game tersebut. Penasaran apa saja game PlayStation 4 yang siap dirasakan saat pelucuran PlayStation 4 nanti? Berikut sembilan game perdana di PlayStation 4 :

1. Watch Dogs
Bagi penggila game bergenre open world action adventure, seperti seri Grand Theft Auto atau yang paling terbaru Sleeping Dogs, pasti sudah sangat menantikan kehadiran game besutan Ubisoft ini. Menggunakan genre yang sama, namun game ini diklaim memiliki kelebihan pada tampilan yang semakin realistis serta gerakan-gerakan mengagumkan yang dapat dilakukan oleh para karakternya. Apalagi didukung oleh gerakan artificial intelligence (AI) yang terlihat natural.
Watch Dogs, itulah nama yang diberikan oleh Ubisoft pada game terbarunya ini. Pertama kali dikenalkan saat event Electronic Entertainment Expo (E3), game ini langsung menjanjikan pengalaman baru bagi gamer yang akan memainkannya nanti. Game yang dikembangkan sejak 2010 ini nantinya akan memiliki kelebihan yang belum pernah ditemukan pada game dengan genre sejenis.

2. Killzone : Shadow Fall
Game besutan Guerilla Games ini menghadirkan pertempuran pada kota fiksi bernama Vekta City yang terjadi pada tahun 2381. Diawali teror ledakan yang terjadi pada sebuah gedung, sang jagoan sebagai salah satu anggota kepolisian yang terkena efek ledakan dan sempat pingsan, namun kembali bangkit dan kemudian melawan teroris yang mulai menguasai gedung tersebut melalui adu tembak. Bila melihat trailer yang sempat dipertontonkan pada event PlayStation Meeting 2013, jelas sekali Guerilla Games sangat menonjolkan kualitas grafis yang diusung Killzone: Shadow Fall.

3. DriveClub
Jika biasanya game balap pertama yang hadir di konsol PlayStation adalah seri Gran Turismo, kali ini justru berbeda. Adalah DriveClub, game garapan developer Evolution Studios tersebut menjadi game balap pertama yang hadir untuk PlayStation 4. Namun bila dilihat dari trailer yang dipertontonkan pada event PlayStation Meeting 2013, terlihat bahwa mobil yang dapat digunakan alam DriveClub hanya didominasi oleh jenis supercar. Selain itu juga masih belum jelas apakah gamer yang memainkannya dapat melakukan ubahan pada mobil yang dimainkannya, misalnya seperti custom body.

4. Final Fantasy
Mungkin ini adalah salah satu game paling diharapkan hadir di PlayStation 4. Game besutan Square Enix tersebut memang mampu memberikan sensasi tersendiri bagi penggemarnya. Awal kehadirannya di PlayStation hingga mencapai seri ke sekian saat ini, membuat Final Fantasy makin dicintai para fans setianya. Sayangnya Square Enix masih mempertontonkan trailer seri Final Fantasy terbaru dalam bentuk movie bukannya gameplay. Namun meski begitu, dikatakan trailer tersebut berjalan pada kondisi real time render bukan seperti file movie pada umumnya.

5. Diablo 3
Siapa yang tidak kenal game Diablo. Game besutan Blizzard ini memiliki hingga jutaan fans di seluruh dunia. Tidak ingin absen, Blizzard siap meluncurkan Diablo 3 untuk PlayStation 4. Menariknya, dikatakan oleh Blizzard, Diablo 3 bakal memiliki fitur split-screen hingga empat pemain yang bisa digunakan pada mode co-operative player. Dengan begitu akan semakin menyenangkan memainkan Diablo 3 bersama teman-teman pada satu layar. Namun tentunya disarankan ukuran layar yang digunakan untuk bermain split-screen memiliki ukuran lumayan besar agar tetap nyaman saat dimainkan bersama-sama.

6. Deep Down
Inilah game besutan pertama Capcom di PlayStation 4. Berbeda dengan sejumlah game garapannya terdahulu, game bertajuk Deep Down kali sungguh mengalami improvisasi signifikan, terutama pada bagian kualitas grafis yang diusungnya. Deep Down nantinya bakal hadir dengan mengusung genre RPG. Sedangkan seting permainannya berada pada jaman pertengahan kala ksatria berjubah dan legenda naga menguasai daratan eropa. Trailer yang dipertontonkan oleh Capcom menunjukan aksi seorang ksatria berjubah yang berjibaku melawan seekor naga yang kerap menyemburkan nafas api untuk melukai sang jagoan yang melawan dengan sebuah pedang dan perisai.

7. Infamous: Second Sun
Adalah salah satu game layak dipertimbangkan bagi pemilik PlayStation 4 nantinya, karena selain kualitas grafis yang mumpuni, gameplay yang disuguhkan pun dipastikan bakal membuat gamer yang memainkannya makin penasaran dibuatnya. Bila melihat trailer yang dipertontonkan oleh pengembangnya, dapat dilihat aksi yang mampu ditunjukan oleh jagoan dalam Infamous : Second Sun terlihat begitu memukau dengan gerakan-gerakan combo yang mampu ditunjukannya. Sepertinya game yang satu ini memang cukup menjanjikan saat diluncurkan nanti.

8. Destiny
Game yang dibuat oleh pembesut game seri Halo tersebut, sejatinya telah diperkenalkan terlebih dahulu bagi pemilik XBox 360. Namun dikatakan oleh Bungie selaku penggarapnya, Destiny yang bakal diluncurkan untuk PlayStation 4 bakal memiliki sejumlah konten eksklusif yang tidak akan ditemukan pada versi lain. Destiny yang mengadopsi genre first person shooter tersebut berjalan pada seting masa depan dimana bumi telah mengembangkan sendiri tenaga solar miliknya. Menariknya, gamer dapat mengkustomisasi sendiri karakter dalam game ini sesuai keinginannya. Dalam game tersebut, gamer bertugas sebagai seorang pelindung yang bertugas bersama teman-temannya untuk melindungi bumi dari alien yang berusaha menguasainya dan berusaha merebut kembali daerah yang telah dikuasai oleh alien.

9. Knack
Berbeda dengan kebanyakan game yang berusaha menampilkan bentuk karakter yang realistis, Knack justru berbeda karena pengembangnya menampilkan game garapannya tersebut dalam bentuk karakter yang kartunis. Namun uniknya, pengembangnya tetap menghadirkan gameplay yang cukup serius. Kombinasi karakter yang kartunis dengan gameplay yang serius tersebut justru makin menghadirkan gaya permainan yang menarik. Meski karakter yang ada di dalam Knack bergaya kartunis, tetap saja pengembangnya menghadirkan game tersebut dalam kualitas grafis yang tak main-main, karena efek yang hadir dalam Knack terlihat realistis. (*)