Tambah Efek, Pengguna Instagram Semakin Melesat

MALANG – Pengguna aktif bulanan Instagram di dunia menembus angka 100 juta. Angka ini meningkat cukup drastis dibandingkan bulan sebelumnya. Di Malang, pengguna aplikasi photo editing ini juga semakin banyak. Meningkatnya jumlah pengguna Instagram ini tak lain karena fitur efek foto yang dihadirkan lebih menarik dibandingkan aplikasi serupa.
Jeffry Gigih, Frontliner Global AAR mengatakan saat dikenalkan, Instagram hanya memiliki 15 efek foto. Masing-masing  X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nasvhile, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, ada penambahan dan pengurangan jenis efek tersebut.
"September tahun lalu Instagram menambah empat jenis efek, yaitu Valencia, Amaro, Rise dan Hudson. Sedangkan saat itu juga pihak Instagram juga menghapus tiga efek, yaitu Apollo, Poprockeet dan Gotham," ucap pria asal Banyuwangi ini pada Malang Post.
Jeffry yang juga mengaku sebagai pengguna Instagram aktif ini menjelaskan, ada juga beberapa foto yang dapat mengatur pencahayaan. Selain itu ada juga efek tilt-shift yang disematkan dalam fitur kamera. "Tilt-Shift itu artinya memfokuskan foto pada satu titik tertentu," tambah pria berkacamata minus ini. Tak heran dengan adanya efek-efek tersebut gambar dari kamera pun akan terlihat lebih bagus dan lebih natural.
Untuk menjadi pengguna aplikasi ini, cukup dengan melakukan registrasi seperti membuat akun Facebook atau Twitter. Setelah terdaftar, pengguna sudah bisa langsung mengupload foto hasil jepretannya. Jika foto-foto yang diupload menarik, pengguna bisa memiliki pengikut. "Si pengikut ini tidak hanya bisa memberikan komentar, tetapi juga dapat memberikan tanda untuk pengguna lain untuk memudahkan bersosialisasi. Seperti Facebook, pengikut bisa memberikan tanda like atau dislike," ucapnya.
Dulu jejaring berbasis foto ini hanya diberikan pada para pengguna produk Apple seperti iPhone, iPad, ataupun iPod Touch. Tapi sekarang jejaring ini juga bisa didownload melalui ponsel berbasis Android.
Tidak hanya Jeffry yang keranjingan dengan jejaring sosial ini. Niswatul Mardiyah pun begitu. Wanita berkerudung ini mengaku banyak mendapat kemudahan dalam hal mengunggah foto melalui Instagram. "Banyak momen yang bisa diabadikan. Momen tersebut bisa langsung di-share. Tidak hanya di Instagram sendiri, tapi juga di akun sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter," beber perempuan yang baru dua bulan ini bergabung dengan Instagram. (vik/nda)