Phablet Lokal, Teknologi Global

MALANG – Banyak masyarakat yang menggandrungi ponsel dengan layar yang lebar. Alasan itulah yang digunakan pabrikan elektronik lokal Advan untuk menciptakan produk-produk dengan layar jumbo. Salah satunya adalah Advan S5.
Layar produk yang dikenalkan pada akhir 2012 lalu ini betul-betul jumbo, yaitu 5,3 inch dengan tipe TFT capacitive touchscreen.  Tampilan layar menggunakan teknologi WVGA HD dengan teknologi multi finger touch. Jangan heran jika gambar pada layar phablet ini terlihat sangat tajam.
“Dengan layarnya yang sangat lebar, pengguna pastinya akan lebih puas saat melihat gambar ataupun video,” kata Fronliner Shinta Cell Juli Kuliani kepada Malang Post kemarin.
Sekilas, ponsel dual on ini memang sangat mirip dengan produk Samsung Galaxy Note. Karena selain touch screen, pengguna ponsel ini hanya dapat menemukan dua tombol sentuh. Yaitu tombol menu dan back. Ada sebuah tombol fisik home, seperti yang terdapat pada Galaxy Note II.  Dimensi ponsel ini 149,5 x 83 x 11,2 mm, dengan berat total 190 gram. Meski besar, tak akan merepotkan saat dijinjing
Bukan itu saja, agar ponsel ini betul-betul pintar, Advan juga melengkapinya dengan prosesor Cortex A8 1GHz (256L2 Cache). Ditambah dengan jaringan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), serta memori RAM 512 MB, dan memori internal 4 GB, membuat ponsel ini tidak mengenal kata lemot.
“Secara keseluruhan fitur pada ponsel ini cukup canggih. Selain prosesornya yang menggunakan Cortex dengan operasional sistem Android 4.0, harga ponsel  ini juga sangat murah, “ kata Juli sembari mengatakan harga ponsel ini Rp 1,2 jutaan.
Layaknya smartphone pada umumnya, transfer data pada ponsel ini menggunakan jaringan HSDPA, 3G, EDGE, dan GPRS. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera digital beresolusi 8 megapixel. “Meskipun produk lokal ponsel ini tidak kalah dengan produk-produk dari vendor global,’’ tambah wanita berambut hitam ini.
Sementara fitur lain yang mengisi ponsel ini adalah polifonik (MP3), Audio/Video Player, radio FM, G-Sensor, GPS Navigation, Google Maps, Google Search, Gmail, Google Talk, Google Play, Calender, Calculator dan Speakerphone. “Fitur pada ponsel ini sangat lengkap, baik yang berteknologi canggih maupun menu standart,” tandas Juli. (vik/nda)