BlackBerry Z10 Masuk Indonesia

MALANG – Bagi yang sudah menanti-nanti kehadiran perangkat berbasis BlackBerry10 di Indonesia, ada kabar baik. Hari ini, BlackBerry secara resmi akan meluncurkan BlackBerry Z10 di Ritz-Carlton Jakarta.
Di acara peluncuran nanti, BlackBerry tak hanya meluncurkan perangkat berlayar sentuh penuh, BlackBerry Z10, tetapi juga memperkenalkan BlackBerry10 sebagai platform terbaru, yang berbeda dari OS-OS BlackBerry sebelumnya.
Seperti diketahui, platform ini menjadi transisi BlackBerry meninggalkan layanan BIS (BlackBerry Internet Service). Sehingga, nanti pelanggan tidak perlu berlangganan BlackBerry lagi, cukup mendaftar paket Internet milik operator, seperti ponsel pintar lain.
"Besok (hari ini) itu hari perkenalan (BlackBerry10). Kami juga akan mengumumkan berapa harganya," kata Yolanda Nainggolan, Public Relation Manager RIM Indonesia.
Untuk memuluskan peluncuran BlackBerry10 di Indonesia, Yola -sapaan akrab Yolanda- menuturkan, BlackBerry menggandeng seluruh mitra operator berbasis GSM, termasuk Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Axis. Sementara untuk distribusi, BlackBerry masih setia dengan tiga mitranya, yakni TAM, Comtech Selular, dan SCM. "Kalau langsung ke retail, kami kerja sama dengan Selular Shop," ujar Yola.
Rencana peluncuran BlackBerry terbaru tersebut langsung disambut baik oleh bebrapa outlet di Malang. Mereka semakin penasaran dengan kehadiran seri Z10 ini. Sayangnya, hingga kini belum ada informasi yang jelas kapan ponsel pintar itu akan beredar. Padahal menurut beberapa pemilik konter, banyak user yang ingin membeli dan memiliki produk ini.
Dikatakan oleh Supervisor Global Teleshop, Bobin Febriyanto, jika saat ini pihaknya masih menunggu dari pusat terkait produk ini. “Besok (hari ini) launching, tapi di sini belum tahu kapan produk ini didistribusikan. Karena yang saya dengar pihak BlackBerry mendahulukan pendistribusian Z10 ke operator seluler,” ucap pria berkepala plontos ini.
Meski begitu, Bobin sendiri tidak akan diam. Dia akan terus mencari informasi terkait pendistribusian produk ini. Terlebih, sudah banyak user atau pelanggan Global Teleshop menanyakan. “Secara pastinya kapan memang tidak tahu, tapi biasanya pendistribusian produk baru di Malang dilakukan tiga minggu setelah launching. Ya setidaknya minggu ke tiga atau awal April nanti produk ini sudah ada,” katanya.
Tidak hanya Bobin, Team Leader Erafone, Malang Arie Kurnianto juga mengaku belum mengetahui secara pasti pendistribusian BlackBerry Z10 ini. Namun begitu, pihaknya cukup cerdas. Karena selain menunggu, pihaknya juga melakukan pre order ke Erafone pusat, dengan harapan Z10 ini cepat ada di Malang.
“Kami sudah melakukan pre order tujuh unit, tapi jumlah itu akan bisa bertambah jika memang banyak peminatnya,” katanya.
Sementara ini, pihak Erafone sendiri beberapa kali didatangi user dan menanyakan produk asli Blackberry ini. Sayangnya pihaknya belum bisa memastikan. “Launchingnya baru besok (hari ini), jika ada yang sudah memiliki sudah pasti produk tersebut bukan produk resmi yang dirilis di Indonesia, alias produk black market,” kata Arie.
Sementara Badri, pemilik Eka Jaya Cell memilih pasif dan menunggu terkait pendistribusian Blacberry Z10 ini. Sekalipun merupakan barang baru, dengan fitur serta kecanggihan yang ditanamkan, pihaknya pun yakin Z10 akan banyak memiliki peminat.
“Kalau dari beritanya BlackBerry Z10 merupakan produk tercanggih BlackBerry, karena sudah menggunakan OS 10. Sebelumnya, BlackBerry menggunakan OS 6 dan 7 pada produknya,” ucap Badri sembari mengatakan, prosesor pada Blackberry Z10 adalah Qualcom Snapdragon MSM 8960.
Sementara untuk layar, BlackBerry Z10 full touchscreen 4.2 inci, dengan resolusi 1.280X768 pixel dan 356 ppi Colours. Oleh sebab itulah produk ini terlihat lebih menarik dan elegan.
Produk ini juga dilengkapi dengan dual kamera. Kamera depan menggunakan resolusi 2 megapiksel, sedangkan kamera belakang resolusinya lebih besar yaitu 8 megapiksel. Dengan dua kamera ini maka pengguna pun akan lebih mudah untuk mengabadikan seluruh momen yang ada. Hasil pengambilan gambar dari kamera Blackberry Z10 pun diyakini lebih bagus, dan ketajaman gambarnya juga tidak diragukan. Itu karena pada produk ini juga dilengkapi dengan auto fokus serta LED Flash.
Sementara untuk memori, pihak Blacberry menyematkan produk ini dengan memori RAM 2 GB dan internal memory 16/32 GB. Besarnya kapasitas memori ini berpengaruh pada kecepatan membaca data, dan sudah dipastikan ponsel tersebut tidak akan lemot. “Yang betul-betul terbaru dalam produk ini selain menggunakan OS 10, produk ini juga support dengan jaringan 4G LTE,’’ tandas Badri. (vik/nda)