Desain Ketupat Elegan, Idola Kaum Hawa

Siapa yang tidak kenal dengan ponsel Nokia 7610? Ponsel lawas ini memiliki teknologi yang lebih canggih di kelasnya pada saat diluncurkan tahun 2004 lalu. Salah satunya adalah kamera yang sudah menggunakan ukuran megapiksel dengan 4 kali zoom. Sebelumnya, kamera  yang digunakan pada ponsel ukurannya sebatas VGA.

Ponsel dengan sistem operasi Symbian OS v7.0s, Series 60 v2.0 UI ini memiliki julukan sebagai ponsel elegan yang modis dan glamour dengan kombinasi warna pada casingnya. Desain sangat berbeda dengan mengandalkan bentuk ketupat  ukuran 109x53x19 mm dengan berat 118 g. Layar pada ponsel ini sudah berwarna TFT 65k, dengan ukuran 2.4 inch 176 x 208 pixels.
Ponsel ini juga dilengkapi dengan dengan fitur editing smart application. Fungsinya untuk mengedit video maupun gambar, sesuai dengan kemauan. Ditambah lagi dengan fitur movie director serta Photoshope, setiap gambar pada ponsel inipun hasilnya akan lebih bagus setelah melalui proses pengeditan.
“Kali pertama dikenalkan tahun 2004 lalu, harga ponsel ini Rp 3,2 jutaan. Dan saat itu sangat laris manis. Banyak peminatnya, terutama wanita, karena desain ponsel ini sangat stylish, sekalgus feminin,’’ kata Hanif Sagita, pemilik konter Cahaya Cell, Malang Plaza pada Malang Post, kemarin.
Memori internal pada ponsel ini juga cukup besar dibandingkan dengan memori ponsel pada kelasnya, yakni 64 MB. Kapasitas itu dapat ditambah dengan memori eksternal hingga 2 GB. Dengan memori eksternal yang disematkan tersebut, ponsel ini dapat menyimpan ratusan lagu, gambar dan video.
Seiring waktu pesona ponsel yang memiliki tiga varian warna ini memudar. Terbukti, produksi pada ponsel ini sudah dihentikan. Harga secondnya pun sangat jauh lebih murah dari harga kali pertama ponsel ini dikeluarkan. “Melihat kondisinya, kalau mulus masih bisa dijual dengan harga Rp 250 ribu. Tapi kalau kondisinya sudah tidak mulus harganya Rp 150 ribu,’’ tandas Hanif. (ira ravika/nda)