BlackBerry Z10 Resmi Meluncur

BlackBerry resmi meluncurkan perangkat anyarnya berbasis BlackBerry10, BlackBerry Z10 di Indonesia. Perangkat cerdas ini dibanderol dengan harga Rp 6,9 juta, dan mulai dipasarkan pada 15 Maret 2013. BlackBerry menghelat acara peluncuran BlackBerry Z10 di Hotel Ritz-Carlton, kemarin siang.
"Pengalaman BB10 sebagai true computing dan true multitasking,sangat memuaskan. Secara mudah, Anda dapat beraksi hanya dengan satu sapuan jari," kata Managing Director BlackBerry untuk Asia Selatan, Hastings Singh, dalam sambutannya.
"Akan hadir enam perangkat berbasis BlackBerry10 lagi, yang siap meramaikan pasar smartphone dunia," tandas Singh.
Dengan sistem operasi BlackBerry10, BlackBerry Z10 mengedepankan tampilan pengguna antar-muka (user interface) Flow yang memungkinkan pengguna mudah berganti aplikasi dan melakukan multitasking. Di Indonesia, BlackBerry Z10 telah didukung sejumlah aplikasi populer seperti Garuda Indonesia, 21 Cineplex, Bank Mandiri, Soccer Ticker, dan sebagainya, di samping WhatsApp, Skype, dan Twitter untuk keperluan media sosial.
Untuk memuluskan peluncuran BlackBerry10 di Indonesia, BlackBerry menggandeng seluruh mitra operator berbasis GSM, termasuk Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Axis. Sementara untuk distribusi, BlackBerry masih setia dengan tiga mitranya, yakni PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular, dan PT Surya Citra Multimedia (SCM).
Sejatinya, BlackBerry Z10 telah diluncurkan kali pertama  di New York pada 31 Januari 2013 silam, bersamaan dengan perubahan nama Research In Motion (RIM) menjadi BlackBerry.  Lalu, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang beruntung memasarkan perangkat BB10 berlayar sentuh penuh ini. Di Negeri Kerajaan itu, BlackBerry Z10 dibanderol Verizon dengan harga 199 poundsterling (setara Rp2,9 juta) plus kontrak selama dua tahun.
Menyapa penggemarnya di Tanah Air, BlackBerry Z10 hadir dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih. Ponsel cerdas ini dibekali layar sentuh kapasitif WXGA berukuran 4,2 inci, dengan resolusi maksimal 1.280x768 piksel dan kerapatan piksel 356 ppi. Sedikit lebih tajam dari Samsung Galaxy S III.
Prosesor Krait dual-core 1,5 GHz bekerja di balik layar untuk menjalankan OS terbaru BlackBerry. CPU ini dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 2 GB, cukup besar melayani multi-tasking, sekaligus memainkan peran besar untuk pengalaman baru pengguna. BlackBerry juga menyematkan kamera berkemampuan sensor 8 MP, yang dilengkapi fitur TimeShift, perekam video Full-HD, dan port HDMI untuk mentransfer gambar ke perangkat berdefinisi tinggi (HD).
Untuk ruang penyimpanan data, BlackBerry Z10 menyediakan storage berkapasitas 16GB. Jika kurang, tidak seperti iPhone, ada slot microSD di sini, yang bisa memuat memori tambahan Anda hingga 32 GB. Di sisi konektivitas, terdapat akses LTE, Wi-Fi, a/b/g/n, Bluetooth 4.0, dan NFC.

Indosat Siapkan Ribuan Stok
Handset dengan platform OS BlackBerry 10 pertama itu juga akan dipasarkan secara bundling oleh Indosat yang bekerja sama dengan para mitra distributor resmi. "Rencananya besok (hari ini) Indosat akan buka formal pre-registration. Dari sana akan ketahuan minat pasar," kata Director & Chief Marketing Officer Indosat, Erik Meijer seusai peluncuran BlackBerry 10 di Jakarta.
Menurutnya, Indosat memang telah cukup lama menantikan kehadiran BlackBerry terbaru ini. Sebab, karakteristik handset ini cukup sesuai untuk jaringan Indosat karena mendukung U900 (UMTS/3G di frekuensi 900 MHz) dan Indosat Super Wifi (EAP-SIM authentification). "Ada ribuan stok yang disiapkan melalui distributor untuk launch awal. Ada warna hitam dan putih. Harganya sekitar Rp 7 juta," pungkas Erik.
Saat ini Indosat telah memiliki lebih dari dua juta pelanggan BlackBerry dari total 55,5 juta pelanggan yang diraihnya hingga akhir 2012 lalu. (vvn/dtc/nda)