Kirim Pesan Suara hingga Video Call dengan Sekali Klik

MALANG - Seiring dengan semakin tingginya pengguna smartphone, berbagai aplikasi chatting unjuk gigi. Setelah WhatsApp dan Line yang mendapat tempat di hati pengguna smartphone, kini giliran WeChat yang menampakkan dirinya dan siap meramaikan Indonesia.
WeChat hadir tak sekadar menawarkan kemampuan bertukar pesan kepada sesama pengguna, tetapi juga menambah nilai tambah yang membuatnya semakin menarik. Frontliner Omega Cell, Septian Aditya mengatakan nilai tambah yang dimiliki oleh aplikasi WeChat adalah fitur Voice Messaging.
“Istilah chatting bisa diartikan yang sebenarnya pada aplikasi ini. Antar pengguna WeChat bisa saling ngobrol atau bertukar pesan suara dengan adanya fitur Voice Messaging. Tak sekadar chatting dengan text seperti yang selama ini banyak ditawarkan oleh aplikasi chatting,” beber pria yang akrab disapa Tian ini pada Malang Post.
Penggunaan Voice Messaging pada WeChat tergolong sangat mudah dan cukup sederhana. User cukup menekan tombol “Hold to Talk” untuk merekam suara, dan melepasnya untuk mengirimnya kepada teman chat. Sedangkan untuk membatalkan rekaman yang dibuat, cukup dengan menggerakan jari yang sebelumnya berada pada tombol “Hold to Talk” ke logo X. Fitur ini juga bisa digunakan pada Group Chat.
Selain Voice Messaging, fitur unggulan yang ada pada WeChat lainnya adalah Fitur Video Call. Penggunaannya pun tergolong sangat sederhana. Cukup dengan pilih fitur Video Call pada saat chat, dan jika lawan chat menerimanya maka user bisa langsung bertatap muka dengannya melalui gadget.
“Dengan fitur-fitur beragam ini, banyak user aplikasi chatting lain yang memilih beralih ke WeChat. Apalagi WeChat merupakan aplikasi chatting lintas platform. Mulai dari Android, iOS Windows Phone, BlackBerry hingga platform yang sudah jadul seperti Symbian,” sambungnya.
Untuk menggunakan aplikasi ini, kali pertama yang harus dilakukan adalah mendownload dan menginstal aplikasi WeChat sesuai dengan OS ponsel. Setelah diinstal, lakukan pendaftaran. Untuk mendaftar, Tian menyebutkan ada dua cara yang bisa dilakukan, melalui nomor ponsel dan via Facebook.
“Registrasi dengan nomor ponsel ini caranya mirip dengan aplikasi chat WhatsApp, Dengan metode ini secara otomatis WeChat juga akan menampilkan daftar contact di ponsel kita yang telah menginstall WeChat juga. Selain menggunakan nomor ponsel, anda juga bisa mendaftar dengan menggunakan account facebook. Dengan meng-koneksikan WeChat ke akun facebook kita maka kita dapat mencari teman facebook yang telah menginstall WeChat,” beber Tian.  (nda)