Gacoan Baru di Kelompok Phablet

MALANG – Samsung semakin rajin merilis ponsel dengan layar jumbo. Setelah generasi Note, kali ini pabrikan asal Korea itu akan menyerbu pasar dengan ponsel jumbo seri baru yang diberi nama Samsung Galaxy Grand Duos. Smartphone yang merangkap tablet ini sudah dikenalkan secara resmi di tanah air. Namun sebarannya belum merata.
Owner NRC Cell Malang Plasa, Edi Purwanto mengatakan, melihat ukuran layar sebesar 5 inch, Samsung Galaxy Grand Duos masuk dalam kategori phablet. Rencananya produk ini akan ditarungkan pada segmen menengah atas berdampingan dengan Samsung Galaxy S III Mini yang lebih dulu dirilis.
“Soal harga, belum ada kepastian banderol resminya. Namun yang pasti produk ini akan mendampingi Samsung Galaxy S III Mini. Melihat ukurannya yang lebih besar, tentu saja harganya lebih tinggi dibandingkan Mini,” ujar Edi pada Malang Post.
Yang membuat phablet ini layak dipilih adalah dual slot SIM card. Satu slot SIM card dapat digunakan untuk kebutuhan voice dan SMS, sedangkan slot SIM card lainnya secara khusus diperuntukkan bagi koneksi internet 3G.
Secara desain, ponsel ini hampir sama dengan ponsel Samsung lainnya. Hanya lebih simple dengan satu tombol menu dan kamera depan di kanan atas. Phablet ini memiliki dimensi 143,5x76,9x9,6 mm dan juga layar 5 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel. Ditambah dengan teknologi layar Capacitive touchscreen yang mampu menampilkan 16 juta jenis warna dan juga TouchWiz UI.
Di sisi performa, ponsel ini menggunakan prosesor sekelas dual core dengan kecepatan 1.2GHz dan juga dilengkapi dengan RAM sebesar 1GB sebagai pendukung kecepaan. Di bagian interface, Samsung menambahkan Android Jelly Bean versi 4.1.2 untuk kemudahan penggunanya.
Untuk masalah multimedia, ponsel ini sangat mumpuni sekali. Identik dengan ponsel kelas high end, ponsel ini dibekali dengan kamera 8MP dengan resolusi 3264x2448 pixel. Selain itu juga, memiliki sederet fitur yang cukup canggih, dan salah satunya adalah mampu capture video dengan kualitas full HD. Juga dilengkapi dengan kamera depan sekelas 2MP untuk berkomunikasi. (vik/nda)