Smartphone Android Terbaik 2013

MALANG – Upaya Samsung menarik perhatian pasar dengan menciptakan produk-produk smartphone terbaik betul-betul membuahkan hasil.  Terbukti, dalam ajang Selular Award tahun 2013 yang diselenggarakan Minggu (10/3) lalu di Jakarta pabrikan asal Korea ini mendapatkan empat penghargaan sekaligus. Dan yang menarik, tiga penghargaan disabet oleh Samsung Galaxy SIII.  Yaitu sebagai The Best Smartphone, The Best Android dan Phone Of The Year 2013. Sementara satu penghargaan disabet oleh Samsung Galaxy Note 10.1 sebagai The Best Tablet.
Cukup wajar jika Galaxy SIII menyabet banyak penghargaan. Pasalnya smartphone yang dikenalkan sejak pertengahan tahun 2012 ini memang dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Ifan Catur, Frontliner Erafone menjelaskan, fitur-fitur canggih yang disematkan pada Galaxy SIII ini menggoda pecinta gadget di tanah air. Terbukti penjualan ponsel pintar ini pun merajai kelasnya.
“Di kelas high-end, Galaxy SIII menduduki peringkat atas. Ponsel Android lainnya dilibas begitu saja dengan fitur-fitur yang ditawarkan,” ungkap pria yang akrab disapa Catur ini.
Catur melanjutkan, dari segi penampilan, Samsung SIII dirancang lebih familiar. Dengan bentuknya yang sangat tipis dan setiap sudut dibuat tumpul, ponsel ini sangat nyaman di genggaman. Sekalipun bodi pada ponsel ini berbahan plastik, kesan licin atau mudah lepas saat digenggam tidak akan ditemukan. “Ukuran desainnya adakan 136.6 x 70.6 x 8.6 mm (5.38 x 2.78 x 0.34 in), dengan berat 133 g (4.69 oz). besar dan ringan,” kata Catur.
Pada layar, Samsung menyematkan Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Materi layar terbuat daru Corning Gorilla Glass 2. Materi ini membuat layarnya jadi lebih tahan banting.
Galaxy SIII juga dilengkapi mesin penggerak (prosesor) dengan kapasitas cukup besar, yakni 1.4 GHz Quadcore. Yang sudah tentu, dengan kapasitas tersebut pengguna tidak akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi. Bahkan dengan kapasitas berat sekalipun, aplikasi akan dibuka dengan baik melalui ponsel pintar ini.
Sedangkan sistem operasional Galaxy SIII yang berjalan pada jalur Android, 4.1 (Jelly Bean), membuat ponsel pintar ini kian menarik dan semakin diminati oleh pecinta gadget. Karena dengan sistem operasi ini pengguna bisa mendapatkan ribuan aplikasi baik secara gratis maupun berbayar. Untuk space memori, ponsel ini disupport dengan memori internal sebesar 16 GB. “Kalau memori kurang, pengguna bisa menambah memori eksternal hingga 64 GB,” tambah Catur.
Menggunakan Galaxy S III juga memberikan kesempatan pengguna untuk melakukan video call dengan mudah. Itu karena ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan. Meskipun resolusinya tidak sebesar kamera yang di belakang, tapi gambar video call cukup apik. “Resolusi pada kamera belakang sebesar 8 Megapixel, sedangkan kamera depan sebesar 2 Megapixel. Untuk video call, pasti gambarnya jernih,” sambungnya. (vik/nda)