Luncurkan Tiga Kartu Perdana, Esia Pertajam Segmen Pelanggan Suara

MALANG – Lama tak membuat gebrakan di industri telekomunikas, PT Bakrie Telecom, Tbk (BTEL) mencoba eksis kembali. Kali ini mereka meluncurkan tiga kartu perdana anyar, Kartu perdana Nelpon GSM 100% Balik Pulsa, Kartu Perdana Gratis Nelpon & SMS Sepuasnya dan Kartu Perdana Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator.
“Sengaja kami luncurkan tiga kartu perdana sekaligus karena memang segmen penggunanya berbeda dan butuh perlakuan khusus. Penghasilan mereka didapat secara harian dan sangat sensitif terhadap harga. Karena itu kami sediakan kartu perdana yang memiliki nilai tambah dari sisi biaya (value for money) dan memperbanyak bonus gratisan yang bisa dirasakan langsung oleh mereka,” jelas M. Prasetyo, Head of Cluster East Java East Indonesia PT. Bakrie Telecom, Tbk.
Dengan adanya tiga kartu perdana yang berbeda ini maka Esia semakin mempertajam karakteristik segmen pelanggannya. Mereka tidak lagi didasarkan pada aspek demografi semata, seperti jenis kelamin, umum dan besarnya pendapatan, tapi juga mulai mempertimbangkan sisi psikografis konsumen.
“Umumnya segmen konsumen ini selain sangat memperhatikan nilai uang yang dikeluarkan, juga butuh layanan yang praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak punya cukup kemewahan untuk chatting atau bersosial media karena hampir semua waktunya dihabiskan untuk bekerja. Mereka benar-benar tipe pekerja keras dan menggunakan teleponnya untuk sesuatu yang dibutuhkan,” ujar Pras menambahkan.
Karena itu ketiga kartu perdana ini penuh dengan bonus gratisan cukup dengan harga Rp 5000,- saja. Pada kartu perdana Nelpon GSM 100% Balik Pulsa misalnya, setelah pengguna melakukan isi ulang minimal Rp 10 ribu maka pengguna kartu tersebut akan mendapatkan kembali jumlah pulsa senilai pulsa yang dihabiskan baik ke telepon GSM lokal maupun ke telepon Esia lainnya. Pulsa yang didapat bisa digunakan untuk menelepon atau sms ke nomor operator lainnya, baik GSM, CDMA maupun telepon rumah di hari yang sama.
“Enaknya lagi, bonus pulsa tersebut bisa digunakan saat pelanggan Esia berada di luar kota dengan menggunakan fasilitas Esia GoGo. Jadi dimana pun dia berada, bonus gratisnya bisa tetap digunakan dan ditujukan ke pelanggan operator mana pun”, kata Pras.
Demikian juga dengan kartu perdana Gratis Nelpon + SMS Sepuasnya. Penggunanya akan dapat gratis 1000 SMS dan 10 jam nelpon ke pelanggan Esia lainnya setelah melakukan isi ulang Rp 10 ribu.Masa aktif yang berlaku mengikuti periode yang paling panjang.
Sementara untuk kartu perdana Gratis Ribuan SMS ke Semua Operator, penggunanya akan mendapatkan gratis 1000 SMS ke pelanggan Esia lainnya dan 500 SMS ke pelanggan operator lainnya. Masa aktif yang berlaku juga mengikuti periode yang paling panjang.
Bagi Esia, pelanggan suara tetap memiliki potensi untuk dikembangkan seperti halnya pelanggan layanan data. Apalagi jumlah penduduk yang berpenghasilan terbatas masih sangat dominan. “Komitmen kami masih tetap seperti dulu. Akses layanan telekomunikasi merupakan hak dasar masyarakat Indonesia. Komitmen tersebut kami tuangkan dalam layanan Esia yang sederhana, mudah dan terjangkau,” tegas Pras. (nda)