BlackBerry Z10 vs iPhone 5

MALANG – Di pertengahan pekan ini, BlackBerry Z10 sudah resmi dipasarkan di tanah air. Meski sedikit terlambat dibandingkan dengan kemunculan kali pertama di dunia, namun daya tarik ponsel besutan vendor asal Kanada ini tak pudar sedikit pun. BlackBerry bahkan mejadikan ponsel ini sebagai pertaruhan hidup mati perusahaan.
Tak berlebihan jika ponsel ini dianggap sebagai pembuktian oleh BlackBerry. Pasalnya persaingan industri smartphone saat ini kian ganas. Setiap perusahaan bekerja keras agar bisa menampilkan teknologi terkini. Termasuk sang raksasa asal Amerika, Apple, yang menggadang-gadang iPhone 5..
Nah, bagaimana jika BlackBerry Z10 ini disandingkan oleh Apple iPhone 5 yang lebih dulu diperkenalkan? Apakah BlackBerry mampu menandingi keperkasaan Apple atau justru harus mengaku kalah. Simak head to head dua gadget asal Benua Amerika ini.

Layar
BlackBerry Z10 menyandang layar 4,2 inch dengan resolusi 1.280 x 768 piksel. Adapun kepadatan piksel sebesar 356ppi (piksel per inch). Sementara iPhone 5 mengandalkan layar 4 inch berteknologi Retina Display dengan resolusi 1.136 x 640 piksel. Kepadatan pikselnya mencapai 326ppi.
Melihat data ini, BlackBerry boleh sedikit membusungkan dada. Meski layarnya tidak mencapai ukuran 5 inch, namun setidaknya ia menang saat disandingkan dengan lawan tangguhnya itu. Ditunjang lagi dengan kapadatan piksel yang membuat gambar jadi lebih halus dan tidak kaku.


Kamera
BlackBerry Z10 memakai layar resolusi 8 megapixel dengan LED Flash yang mampu merekam video full HD 1080p. Kamera depan berkekuatan 2 megapixel. Fitur yang diandalkannya adalah TimeShift. Di mana frame kamera bisa diputar balik dengan mudah untuk mendapatkan gambar yang paling bagus.
iPhone 5 juga menjagokan kamera 8 megapixel beserta LED Flash yang mampu merekam video full HD. Kemudian kamera depan yang bisa merekam video 720p. Kamera iPhone 5 ini punya berbagai fitur. Seperti shared photo streams, HDR, dan menjepret lebih baik dalam situasi cahaya sekitar rendah.
Di sektor ini, masing-masing memiliki nilai plus. Hanya, iPhone boleh tampil lebih karena hasil jepretan di ruang gelap masih lebih bagus dari pesaing kuatnya saat ini.

Hardware
BlackBerry Z10 memakai prosesor dual core 1,5GHz Snapdragon S4. Sedangkan RAM sebesar 2GB. Spesifikasi lain meliputi memori internal 16GB dan slot microSD. Baterainya sbesar 1800 mAh. iPhone 5 memakai prosesor dual core Apple A6 dan RAM 1GB. Kemudian terdapat pilihan memori internal 16/32/64GB, namun tidak terdapat slot memori eksternal.
Tak dipungkiri, soal dapur pacu, BlackBerry sangat unggul. Bahkan oleh pengguna setia Apple yang menjajal Z10 pun diakui jika kinerjanya sangat cepat berkat prosesor yang berkapasitas lebih besar tersebut.

Sistem Operasi
BlackBerry Z10 memakai sistem operasi Blackerry 10 yang berbasis QNX. OS ini dioperasikan dengan sistem swipe alias geser dan tidak ada tombol fisik di bodi handset.

Sebagai pendukung, terdapat ekosistem aplikasi di BlackBerry World yang juga menyertakan konten musik, film dan sebagainya. Meski baru diluncurkan, BlacBerry World sudah punya sekitar 70 ribu aplikasi.
iPhone 5 memakai sistem operasi iOS 6. Fitur andalannya seperti perintah suara Siri dan iCloud untuk menyimpan data. Untuk mengunduh aplikasi, tersedia katalog aplikasi di App Store. Jumlah aplikasi yang tersedia di sana sekitar 700 ribu. Sebagai perusahaan yang lebih dulu berjaya di sektor aplikasi, Apple memang tak terbendung. (*/nda)