Upgrade Android Terbaru dengan Sekali Sentuh

MALANG – Ponsel pintar berbasis Android tak hanya menunjang gaya hidup sang pengguna tetapi juga membantu aktivitas mereka. Untuk itu, sistem operasi Robot Hijau ini dihadirkan dengan pembaharuan-pembaharuan secara berkala. Jika Anda memiliki ponsel berbasis Android, tak ada salahnya untuk selalu mengaupgradenya.
Mengupgrade Android pada ponsel bukan sebuah hal yang sulit. Terutama device yang memang sudah menyediakan software yang akan diupgrade di dalam devicenya. Pengguna hanya perlu menekan atau menyentuh perintah pembaruan sistem pada ponsel. Setelah itu sistem tersebut akan berjalan dengan sendirinya.
Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Nur Abidin. Pria yang kesehariannya menjadi costumer service di Oke Shop ini menjelaskan, setiap ponsel menampilkan menu yang berbeda-beda. Tapi biasanya, untuk memperbaharui software, user bisa menemukannya pada menu pengaturan. Di menu pengaturan tersebut, pengguna akan menemukan menu About atau Tentang ponsel jika ponsel menggunakan bahasa Indonesia.
Pengguna cukup menyentuh atau menekan menu About tersebut, yang kemudian akan keluar berbagai pilihan, di antarannya pembaruan sistem, atau upgrade operating system. Langkah selanjutnya, pengguna hanya butuh memencet tombol upgrade operating sistem tersebut.  Dan jika sistemnya tersedia, maka upgrade langsung berjalan dengan sendirinya.
Meskipun untuk melakukan upgrade tersebut cukup mudah, tapi Didin, sapaan akrabnyamenyebutkan untuk mengupgrade software ada syarat yang harus dipenuhi pengguna. Pertama, saat melakukan upgrade ponsel atau device harus dalam kondisi hidup. Selama upgrade, koneksi internet juga tidak boleh terputus.
“Jika saat upgrade tiba-tiba ponsel mati, maka seketika itu juga ponsel akan hang, termasuk saat jaringan internetnya terputus, maka seluruh software yang ada pada ponsel akan rusak,” kata Didin.
Meski begitu, user tidak perlu panic. Jika software tidak bisa direstore atau dikembalikan, user cukup membawa ponsel ke service center. “Satu-satunya untuk membuat ponsel berjalan normal adalah dengan mendatangi service center. Karena di service centre menyediakan software lengkapnya,” ucap Didin.
Umumnya untuk mengupgrade software hanya diperlukan waktu paling lama satu jam. “Selama itu user harus betul-betul teliti, mulai dari jaringan internet dan kondisi ponselnya. Saran saya, untuk upgrade dilakukan pada malam hari, karena kecepatan internetnya stabil,” tandasnya. (vik/nda)