Z10 Dongkrak Penjualan BB

MALANG – Beredarnya BlackBerry Z10 mampu mendongkrak penjualan BlackBerry hingga setara dengan penjualan iPhone. Smartphone terbaru keluaran RIM yang baru beredar pada Minggu lalu di salah satu modern shop segera diserbu sejumlah peminat yang telah lama inden.
“Sejak tersedia Minggu (17/3) lalu, BlackBerry Z10 ini langsung keluar 4 unit di hari pertama. Jatah 10 unit yang turun di sini saat ini menyisakan 4 unit.” Kata Rizky Budi Cahyono, Pramuniaga Erafone MOG.
Turunnya BlackBerry Z10 memang belum merata di seluruh modern shop di Malang. Faktor ini menurutnya juga berperan dalam menggenjot penjualan BlackBerry ditempatnya. Dengan omzet total sekitrar Rp 700 hingga Rp 900 juta per bulan, 45 persen penjualan secara umum disumbang oleh produk Samsung.
Sementara di peringkat berikutnya, BlackBerry beberapa kali tergeser penjualannya oleh produk iPhone 5 yang masih juga diminati penggemar smartphone. “ Minggu kemarin dari total omzet kami, BlackBerry bisa menjadi penyumbang omzet kedua terbanyak setelah Samsung, hanya gara-gara Z10 laku 4 unit, sementara iPhone 5 laku 3 unit,” lanjutnya.
Z10 yang dibanderol dengan harga Rp 6,999 juta untuk warna hitam dan putih itu diprediksi akan tetap mampu mendongkrak penjualan BB hingga beberapa bulan ke depan. Pasalnya, menurut Rizky, kompetitor terdekat seperti Samsung dan iPhone belum memiliki rencana untuk menelurkan gadget di kelas high end baru dalam waktu dekat. Sementara penjualan varian BB di kelas menengah dan low end, seperti Davis, Amstrong, Belagio ataupun Dakota kini mulai menurun serapannya. “BlackBerry low end dan menengah tidak sekencang Samsung kelas low end. Sedangkan BB high end, tak mampu bersaing dengan iPhone. Penggemar Android dan iOS lebih update soal aplikasi dan spesifikasi smartphone. Kalau performa Z10 benar-benar seperti di atas kertas, penjualannya bisa tetap kencang sampai beberapa bulan ke depan,” tandasnya yakin. (pit/han)