Android Hybrid Jagoan Samsung

MALANG - Bukan Samsung namanya jika tidak merilis ponsel-ponsel yang mampu ‘menggoda iman’. Keberhasilan Samsung Galaxy Pro B7510 yang diluncurkan tahun 2011 menginspirasi pabrikan asal Korea Selatan ini untuk melanjutkannya. Maka, dihadirkanlah Samsung Galaxy Chat B5330 di pasar ponsel tanah air. Ponsel ini sudah dibekali teknologi yang mumpuni dan layak menjadi pilihan, khususnya bagi pengguna ponsel Android entry level.

Dimensi
Ponsel ini ditampilkan dengan konsep hybrid yang artinya mengusung desain bar QWERTY sekaligus touchscreen. Fisiknya dirancang cukup ergonomis dengan ukuran 118,9 x 59,3 x 11,7 mm dan berat 112 gram. Mempermanis desain, pada sekeliling bodi dilapisi list plastik dengan nuanasa krom.

Layar
Galaxy Chat mengusung jenis layar TFT Capacitive dengan kedalaman 256 ribu warna. Bentang layarnya 3 inch dengan resolusi 240x320 piksel. Kualitas layarnya memang standar saja, dengan kepadatan piksels 133 ppi. Tepat di atas layar terdapat sensor proximity dan sensor cahaya. Sedangkan di bawah layar terdapat tiga touchpad untuk kendali menu back, home, dan app.

Kamera
Galaxy Chat mengandalkan resolusi kamera 2 mpix (1600x1200 pixels) tanpa kamera sekunder. Menu pendukung kamera juga serba ngepas, tidak ada auto focus, macro mode, ISO, flash light. Meski demikian masih ada white balance, night mode, efek, foto editor, dan  timer. Untuk rekam video, resolusi maksimum yang bisa dicapai adalah VGA (640x480 pixels) dengan kecepatan 25 frame per detik.

Koneksi
Meski dihadirkan sebagai gadget kelas menengah, Galaxy Chat sudah punya kemampuan konektivitas yang memadai, seperti WiFi dengan standar b/g/n dan bluetooth versi 3.0. Koneksi ke jaringan selular sudah mencapai level HSDPA 7.2 Mbps dan HSUPA 5.76 Mbps. Kemampuan browsernya juga lumayan baik, layar juga bisa mendukung fungsi pinch zoom.

Warm Swap
Letak microSD berada di balik back cover, untuk memasang dan melepas tidak perlu mematikan handphone terlebih dahulu. Samsung mempopulerkan metode ini dengan sebutan warm swap.

Baterai
Galaxy Chat ditenagai baterai Lithium Ion dengan kapasitas 1200 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 520 jam dalam jaringan 2G, sedangkan di moda 3G hingga 380 jam. Untuk waktu bicara hingga 14 jam di jaringan 2G, dan 5 jam di jaringan 3G. (vik/nda)