Tablet Lokal, Otak Jenius

MALANG – Tablet PC terus membanjiri pasar elektronik. Hampir semua pabrikan elektronik menciptakan gadget layar sentuh ini. Tak heran jika merek-merek baru bermunculan. Salah satunya adalah Cyrus.
Pabrikan lokal ini memproduksi tablet PC dengan title Atompad Lite. Soal performa, Atompad Lite sendiri cukup memberikan rasa puas. Terlebih, selain desainnya tipis, tablet yang dikenalkan sejak pertengahan Maret ini juga ditenagai prosesor Cortex A8 dan 3D Mali 400 dengan kecepatan 1GHz-1.5 GHz sebagai otaknya. Dengan mesin tersebut, Atompad Lite dapat bekerja dengan sangat cepat tanpa hambatan.
Lebih seru lagi, Atompad ini didukung dengan operating system (OS) Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Dengan OS tersebut pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi dan dapat langsung menggunakannya.  “OS yang digunakan adalah OS Android 4.0, kaya aplikasi dan bisa diunduh baik secara gratis maupun berbayar,” ucap CS Raja Tablet Krisna Bayu kepada Malang Post, kemarin.
Untuk layar, Bayu mengatakan luas layar Atompad Lite adalah 7 inch beresolusi WXGA dengan kerapatan piksel 800 x 480. Teknologi kapasitif digunakan agar pengguna dapat dengan mudah menyapukan  jari tanpa harus menekan layar seperti layar resistif. Layarnya pun telah memiliki kemampuan multi-touch sehingga pengguna dapat menggerakkannya hingga lima titik point.
Penggunaan tablet ini akan semakin maksimal dengan koneksi data. Menurut Bayu, koneksi yang ditanam pada tablet ini cukup lengkap. Mulai dari koneksi WiFi, kabel data mini USB serta audio jack 3.5 mm tersedia pada tablet ini. Bahkan, tablet ini juga menyediakan port USB modem, untuk koneksitas jaringan GSM.
Tablet yang dibanderol dengan harga Rp 700 ribu ini juga dilengkapi dengan kamera. Meskipun resolusi kameranya masih VGA, namun jangan khawatir soal gambar. Bayu yang sempat mencoba kamera Atompad Lite tersebut memberikan acungan jempol saat melihat hasilnya. Karena gambarnya terlihat sangat jernih.  “Menggunakan tablet ini juga tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai, karena tablet ini membawa baterai dengan besaran 3000 mAh,’’ tandasnya.(vik/nda)