Torch 2 Masih Jadi Buruan

MALANG– Di tengah gencarnya penjualan produk BlackBerry Z10, hal ini tidak membuat pasar BlackBerry yang lebih dulu muncul di pasaran menyusut. Salah satu tipe yang masih menjadi buruan, yakni BlackBerry 9810 atau Torch 2. Smartphone yang diluncurkan tahun 2011 lalu itu, masih menempati posisi teratas dalam segi penjualan produk lama. Ponsel yang mempunyai kode nama Jennings ini, masih disukai karena bisa dibilang merupakan penerus dari generasi Torch versi awal yaitu itu tipe 9800. Namun tampilannya lebih baru dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.  Octavia Shanti, promotor BlackBerry Malang mengatakan produk ini menjadi pilihan pas untuk mereka yang berkantong sedikit tebal.  “Secara desain, Torch 2 berbeda dengan produk lainnya.  Dia memiliki dimensi  111 x 61.9 x 14.5 mm dengan berat 161 gram dengan bentuk slider horizontal,” ucapnya.
Itu sebabnya, lanjut Octavia, sapaan akrabnya, kalangan menengah masih memilih ponsel ini sebagai handsetnya. Dia menerangkan, layar yang digunakan adalah TFT LCD capacitive touch screen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Resolusinya 480 x 640 piksel dengan ukuran layar  3.2 inci. “Resolusinya tampilan screennya cukup jernih dan terang. Apalagi dengan dukungan operating system (OS) 7. Tampilan layar menjadi terlihat lebih baru dibandingkan dengan tipe 9800 yang dikeluarkan tahun 2010,” ungkapnya. Diakui dia, OS 7 yang digunakan membuat transisi halaman mulus, animasi lancer serta browser semakin cepat. Apalagi Research in Motion (RIM) juga memasang prosesor 1,2 GHz yang memberikan kinerja mesin jadi luar biasa. “Kadang memang muncul logo jam pada layar, itu bukan karena mesinnya yang tidak berjalan, tapi banyak file menumpuk sehingga kinerja Torch 2 ini lemot. Penggunanya harus lebih sering menghapus file-file yang tidak lagi diperlukan,” ucap wanita berambut pendek ini.  
BlackBerry Jennings ini sebenarnya cocok bagi pengguna tipe 9800 yang ingin berganti sistem operasi tetapi tidak ingin berganti bentuk. Karena bentuk sangatlah persis dengan tipe 9800. “Tetapi ketika ingin mengetik menggunakan keypad, usahakan berhati-hati dalam menslidenya, karena lama-kelamaan akan terjadi oblak yang sebenarnya bisa diperbaiki dengan hanya mengencangkan baut pada casing,” papar dia. Untuk urusan kamera, Jennings sudah memakai kamera beresolusi 5 megapiksel dengan flash terpasang di bagian belakang. Dengan kamera tersebut pengguna pun sangat mudah untuk mengabadikan berbagai momen. (vik/mar)