Gonta-ganti BlackBerry Tanpa Ribet

MALANG – Bagi pecinta gadget yang hobi gonta-ganti device, back up data merupakan hal penting. Seringkali pengguna ponsel datang ke konter untuk memback up data dari ponsel lama ke ponsel baru. Tapi sekarang langkah tersebut tidak perlu dilakukan. Memback up data bisa dilakukan sendiri di rumah, khususnya bagi pengguna BlackBerry karena, ada aplikasi back up yang bisa digunakan setiap saat.
Aplikasi yang menawarkan kemudahaan tersebut tak lain adalah Data BackUp.  Aplikasi ini dapat memback up beragam data, mulai phone book, memo, task, calendar event, email, serta categories.
Adrian Ramadhoni salah satu pengguna aplikasi ini mengaku sangat mudah menjalankan aplikasi ini. Sebelumnya, untuk urusan back up data ia selalu mengandalkan layanan di konter. Namun saat ini ia sudah bisa melakukannya sendiri di rumah. “Saya senang gonta-ganti ponsel. Tadinya saya menyerahkan ke konter untuk keperluan memback up data. Tapi sering waktu, saya dapat melakukannya sendiri. Itu setelah saya mengunduh aplikasi ini pada BlackBerry,” kata pria yang kerap disapa dengan nama Dhoni ini.
Dhoni  menjelaskan, jika ingin memback up data, ada beberapa langkah yang harus lebih dulu dilakukan. Pertama pengguna lebih dulu menginstal aplikasi Data BackUp pada BlackBerry lamanya. Meskipun di APP World aplikasi ini disediakan, tapi Dhoni mengatakan aplikasi Data Back Up di APP World tidak lengkap, sehingga akan gagal jika dilakukan back up data.
Langkah kedua, pengguna lebih dulu membuka aplikasi tersebut, untuk kemudian masuk ke menu. Saat itulah kemudian muncul berbagai pilihan data, seberti phone book, memo, task, calendar event, email, categoris dengan format VCF. Setelah itu pengguna bisa mulai memback up data. Data yang terback up langsung tersimpan pada memori internal BlackBerry.
“Langkah terakhir adalah memindahkan. Untuk memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel yang baru, pengguna hanya dituntut untuk memasang memori eksternal yang berisi data itu ke ponsel yang baru. Tapi tentu saja, ponsel yang baru juga harus terinstal aplikasi ini. Jika seluruh data itu sudah masuk, mana pengguna wajib melakukan restore memori. Seketika itu data yang tersimpan akan masuk ke BlackBerry baru,” kata pria berkacamata minus ini.
Sementara untuk kontak BBM, meski tidak bisa terback up melalui aplikasi ini, tapi pria ini mengatakan tidak perlu khawatir. Kontak BBM dapat langsung di back up melalui kontak memory. Syaratnya, hanya satu yaitu aplikasi BBM yang dimiliki adalah versi 6. Kontak BBM yang ada pada BlackBerry lama pun seketika pindah tempat.  “Intinya, aplikasi ini adalah memback up data tanpa desktop manager. Sangat mudah, dan pengguna tidak akan ribet,” tandas Dhoni.(vik)