OS 10, Data Tersimpan Aman

ID : Hapal BlackBerry ID, semua data akan diback up di e-mail penggunanya.

MALANG–  Pengguna BlackBerry Z10 tidak usah khawatir lagi pengamanan terhadap data di dalamnya. Termasuk jika hilang, data berupa kontak person, kontak BlackBerry Messenger (BBM), SMS, note ataupun task yang ada pada ponsel, secara otomatis tersingkron dengan e-mail penggunanya. Data ini, bisa dibuka lagi bila penggunanya membeli gadget baru.  “Syaratnya hanya satu. Pengguna harus hapal dengan Blackberry IDnya. Begitu BlackBerry ID dimasukkan pada ponsel yang baru, maka data pada ponsel yang lama secara otomatis akan masuk pada ponsel baru tersebut,” kata Andik Siswanto, pemilik Rolland Cell Malang Plasa. Kelebihan ini, menurut dia, tidak terlepas dari operating system (OS) yang digunakan, yakni OS 10.
“Dengan OS tersebut, seluruh data pada ponsel tidak hanya tersimpan pada ponsel, tapi juga pada BlackBerry ID. “Pada OS 7, tidak ditemukan sistem seperti ini. Data hanya tersimpan pada ponsel. Tapi dengan OS 10, data tidak hanya tersimpan pada ponsel tapi juga di e-mail, yang itu bisa di backup dengan mengaktifkan BlackBerry ID,” tambah Andik kepada Malang Post. Dijelaskan dia, kelebihan lain yang membuat Z10 unggul adalah tidak perlu membeli paket khusus BlackBerry untuk mengaktifkan seluruh aplikasi yang ada termasuk failitas BBM. Di  Z10 aplikasi dapat diaktifkan, dengan paket data. “Ini memberikan keleluasaan para pengguna untuk tidak terfokus pada satu layanan data saja,” ucapnya.
Selain itu, Z10 juga dapat menampung seluruh aplikasi Android. Termasuk game-game Android, dapat dimainkan dengan lancar di Z10, bahkan permainan gamenya justru lebih seru, lantaran layar Z10 yang  sangat responsif, dengan 4 point multi-touch.  “Satu lagi yang membuat ponsel ini lain dari pada versi sebelumnya adalah fitur video call BBM. Video call BBM Z10 ini bisa dilakukan via WiFi maupun paket data,” tambahnya. Menurut Andik, untuk OS BlackBerry versi 7 video call BBM hanya bisa dilakukan dengan paket data saja. Tapi dengan OS 10 ini Video Call BBM dapat dilakukan dengan menggunakan WiFi. “Dengan berbagai kelebihan yang ada pada Blackberry Z10, ponsel ini cukup layak dikatakan sebagai smartphone,” tandas dia.
Sementara untuk spesifikasi BlackBerry Z10 yakni layar ukuran 130 x 65,6 x 9 mm dan bobot 135 gram, layar sentuh berukuran 4,2 inci dengan resolusi display 1280 x 768p dan kepadatan gambar 356 piksel per inci (ppi), prosesor dual-core 1.5GHz CPU, RAM 2GB, memori internal 16GB dan slot microSD, baterai berkapasitas 1.800 mAh yang diklaim memiliki masa talktime lebih dari 10 jam. BlackBerry Z10 ditanamkan dua kamera, yakni di bagian belakang dan depan.  “Kamera belakang memiliki resolusi 8 megapiksel dengan autofocus, 5x digital zoom dan kemampuan rekam video full-HD 1080p. Sedangkan kamera depan resolusi 2 megapiksel dengan fitur 3x digital zoom dan kemampuan rekam video HD 760p,” pungkasnya. (vik/mar)