Medium Phone Paling Laris

Banyaknya smartphone dengan beragam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, membuat konsumen punya banyak pilihan. Dari segi ukuran layar, ponsel mana yang paling banyak dipilih dan mana yang mulai ditinggalkan? Analis pemasaran ponsel Flurry baru-baru ini mengumumkan hasil sebuah studi terbarunya mengenai jumlah penggunaan smartphone berdasarkan ukuran layar.
Sebelum mendata, Flurry membagi kategori ukuran smartphone menjadi beberapa kategori, Mulai dari kategori 'small phone' untuk ponsel dengan ukuran 3,5 inci atau di bawahnya, dan 'medium phone' untuk ponsel ukuran 3.5 inci hingga 4.9 inci. Sedangkan ponsel cerdas dengan ukuran 5 inci sampai 7 inci dimasukkan dalam kategori 'phablet'. Sementara yang termasuk kategori 'tablet' adalah yang berukuran 8.4 inci ke bawah (small tablet) dan 8.5 inci lebih (full tablet). Berikut hasil survei yang dilakukan Furry berdasarkan sejumlah kategori itu, seperti  dikutip dari Electronista.

1. Smallphone
Dalam kategori ini, model BlackBerry yang lawas masih dominan dalam pengapalan ke pasar dengan tingkat persentase 16 persen. Namun, penggunanya terus mengalami penurunan hingga menyentuh angka 7 persen. Dari total pengguna BlackBerry, 70 persen masih bertahan karena ukuran layarnya yang kecil dan sisanya 30 persen memilih pindah ke smartphone ukuran sedang.
2. Medium Phone
Smartphone dengan menampilkan di atas 3,5 inci dan di bawah 5 inci adalah pilihan konsumen yang luar biasa banyak dalam penelitian ini. Dimana ada 69 persen dari perangkat yang beredar dan 72 persen pengguna aktif. iPhone, melalui kehadiran iPhone 5, sedikit beringsut mengikuti jejak perangkat Android yang masuk dalam kategori ini. Sehingga membuat platform iOS dan Android bersaing ketat di kategori ini.

3. Phablet
Meski digadang-gadang bakal mendobrak pasaran, tapi pada kenyataanya phablet menurut pihak Flurry tidak menunjukkan penjualan yang membanggakan. Terbukti dari hasil survei, untuk kategori phablet ternyata hanya 2 persen dari pasar ponsel secara keseluruhan dan lebih dari 3 persen dari keseluruhan pengguna aktif. (dtc/nda)