Bangun Manusia Indonesia Melek Teknologi

MALANG – Setelah Universitas Brawijaya, kali ini Telkomsel menjalin sinergi dengan Universitas Negeri Malang (UM). Kerjasama Telkomsel dan UM ini dilakukan dalam dua hal, yakni Education Partnership Program dan Telco Partnership Program. Melalui kedua program tersebut, Telkomsel dan Universitas Negeri Malang akan concern mengembangkan kerjasama untuk menghasilkan SDM yang berkualitas.
Direktur Jaringan Telkomsel, Abdus Somad Arief mengatakan, kerjasama ini dilatarbelakangi oleh kepedulian Telkomsel akan masa depan generasi muda Indonesia di era digital. Untuk itu sebagai sebagai perusahaan telekomunikasi milik negara dan paling Indonesia, Telkomsel ingin ikut berkontribusi membangun manusia Indonesia yang melek teknologi.
“Pendidikan adalah faktor penentu dari keunggulan kompetitif. Untuk itu hari ini (kemarin) Telkomsel melakukan penandatanganan kesepahaman bersama dengan Universitas Negeri Malang, untuk bersama-sama berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang cerdas, sejahtera, berkualitas dan sadar teknologi,” ujar pria yang akrab disapa Asa ini saat seremonial penandatanganan kesepahaman di gedung Rektorat UM, kemarin.
Dalam mendukung pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di UM, Telkomsel akan menggelar Education Partnership Programs dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan peningkatan kualitas pendidikan seperti seminar umum, pameran teknologi dan penyelengaraan kuliah tamu yang terkait dengan bidang informasi, program sertifikasi keahlian dan rekruitmen serta komunikasi dan teknologi (ICT) terbaru secara rutin.
Sebagai bentuk kerjasama di Bidang Teknologi,  Telkomsel menggelar Telco Partnership Program berupa pengembangan SMS Broadcast untuk Mahasiswa yang mencakup kemudahan akses nilai, jadwal ujian, dan SPP. Telkomsel juga menyediakan tarif khusus untuk Universitas Negeri Malang dan mengintegrasikan sistem akademis Universitas Negeri Malang melalui kartu Perdana Telkomsel.
“Telkomsel juga memberikan Program Recharge Sharing yang memberikan benefit melalui pengembangan Koperasi Universitas Negeri Malang,” sambungnya.
Telkomsel akan  memberikan kesempatan bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang untuk melakukan penelitian bagi keperluan jurnal ilmiah, pengajuan tugas akhir, thesis atau essay, yang semua ini memberikan value bagi kedua pihak. Telkomsel juga membuka kerjasama program Kerja Praktek, Magang maupun Co-Op (Cooperative Education Academic) yaitu belajar dan bekerja dengan batas waktu.
Untuk mendukung kemudahan akses komunikasi mahasiswa Universitas Negeri Malang Telkomsel juga memasang Telkomsel WiFi HotSpot untuk penyaluran kreativitas dan inovasi para mahasiswa, Telkomsel akan menjembatani para pengembang aplikasi dari Universitas Brawijaya untuk memasarkan hasil karyanya melalui Telkomsel Application Market.
Sementara itu, Rektor UM, Prof Dr H Suparno menyambut baik kerjasama dengan Telkomsel. Sebanyak 20 ribu lebih warga UM, baik itu mahasiswa, dosen, hingga staf sangat berharap bisa menikmati teknologi telekomunikasi, utamanya dalam hal koneksi internet. “Program ini sejalan dengan visi dan misi pendidikan, yakni menjadikan semua civitas akademika melek teknologi,” ujar Suparno. (nda)