Monza Tampilkan Visualisasi Nyata

MALANG– Meski pasar smartphone dipenuhi dengan produk BlackBerry baru, namun beberapa produk sebelumnya masih merajai penjualan. Salah satunya, BlackBerry 9860 Monza. Produk yang dikenal dengan nama Torch 3 ini masih menjadi pilihan penggunanya. Bukan karena harganya yang terjangkau dan tidak menguras kantong, tapi ponsel yang memiliki bentuk mirip BlackBerry Storm itu memiliki banyak kelebihan, termasuk desainnya. Menurut  promotor BlackBerry Malang, Octavia Shanti, ponsel ini memang memiliki bentuk sangat sederhana. Dengan mengusung konsep layar sentuh, ponsel ini hanya menyisakan sedikit tempat untuk tombol keras. “Ketebatan Monza hanya 1.1 cm membuat ponsel  ini nyaman digenggaman. Warnanya yang hitam mengkilat membuat terkesan mewah nan kokoh,” kata Shanti, panggilan akrabnya.
Dijelaskannya, BlackBerry 9860  hadir dengan layar sentuh capacitive 3.7 inci. Pada saat itu, layar 9860 ini diklaim paling besar dikelasnya. “Tapi sekarang tidak karena BlackBerry Z10 memiliki ukuran layar lebih besar yaitu 4.2 inci,” lanjutnya. Shanti mengakui jika BlackBerry 9860 lebih banyak diminati lantaran mengusung operating system (OS) BlackBerry 7. Dengan OS tersebut pengguna dapat mencoba teknologi augmented rality (AR). Yakni teknologi memanfaatkan kamera untuk menampilkan visualisasi nyata di layar handphone dikombinasikan dengan konten berbasis lokasi dari internet. Seperti aplikasi yang ada adalah Wikitude dan Layar.  Dan yang membuat ponsel ini lebih laku, karena pengguna bisa tetap terhubung dengan Facebook dan Twitter 24 jam non-stop. “Dengan ponsel ini pengguna juga dapat melahap video-video favorit secara streaming melalui aplikasi Youtube,” kata Shanti.
Wanita berambut pendek ini juga mengatakan jika ponsel ini juga cocok untuk pekerja kantoran. Itu karena ponsel ini memiliki aplikasi Documents To Go. Yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengedit atau membuka file word, excel, dan power point, dimanapun berada. “Selain BBM, ponsel ini juga menyediakan aplikasi chat seperti Yahoo Messenger, G-Talk, dan WhatsApp, yang dapat didownload  melalui BlackBerry App World. Kinerja ponsel ini juga cukup cepat, karena BlackBerry 9860 menggunakan prosesor 1.2 GHz. Dengan tenaga tersebut, pengguna bisa menjalankan permainan, browsing, bersosialisasi atau menonton video dengan multi tasking atau navigasi yang lancer. (vik/mar)