KakaoTalk, Chatting Tanpa Hambatan

MALANG– KakaoTalk sebuah aplikasi chatting yang sedang naik daun. Tidak terkecuali di Malang. Beberapa pemilik konter ponsel yang menyediakan layanan aplikasi menyebutkan, hampir rata-rata yang datang meminta ponsel atau tabletnya diisi dengan aplikasi buatan Korea ini. Itu seiring dengan munculnya aplikasi ini di televisi yang mengusung Sherina dan grup K-Pop BIGBANG sebagai bintang iklannya.  KakaoTalk sendiri kali pertama dirilis pada 18 Maret 2010, oleh Kakao Inc, yang memuat aplikasi chatting sederhana untuk pengguna smartphone. Namun seiring waktu, aplikasi ini berkembang. Tidak hanya sekedar chatting, tapi juga bisa menelpon secara gratis.  Andik Siswanto, pemilik Rolland Cell Malang Plasa mengatakan, meskipun bukan aplikasi baru, tapi KakaoTalk ini cukup digandrungi.
Itu karena aplikasi ini menyediakan fitur bicara gratis. “Bicara gratis yang dimaksud adalah bukan berarti tidak berbayar 100 persen. Sebaliknya, biaya dikenakan pada paket data, karena aplikasi ini berjalan pada jaringan internet. Menelpon dengan aplikasi ini pengguna tidak dikenakan pulsa, tapi layanan internetnya tetap harus jalan,” ucapnya.  Andik menjelaskan, untuk menelpon, KakaoTalk mengklaim akan memberikan suara yang jernih. Termasuk mengirim pesan, aplikasi ini tidak mengenal hambatan. “Hanya saja untuk free call tidak tersedia pada platform BlackBerry. Free Call hanya tersedia pada smartphone seperti Android, Apple, dan Windows Phone,” ungkapnya.  Berbeda dengan aplikasi lain, KakaoTalk justru memberikan kebebasan para pengguna untuk membuat grup chat sebanyak-banyaknya.
Penggunanya pun bisa dengan chatting tanpa ada hambatan.  Aplikasi ini juga menyediakan berbagai emoticon lucu, imut dan ekspresif, sehingga membuat suasana chatting lebih seru dan lebih asyik. Selain emoticon yang lucu, aplikasi ini juga menyediakan layanan game gratis, yang dapat dimainkan sendiri ataupun ramai-ramai. Dan yang lebih menyenangkan, theme pada aplikasi ini juga dapat diganti-ganti sesuai selera pengguna. “Untuk mendapatkan aplikasi ini sebetulnya sangat mudah, dan bisa dilakukan sendiri melalui smartphone masing-masing. Pertama adalah pengguna lebih dulu masuk pada aplikasi tersebut, dan melakukan download. Setelah aplikasi terinstall, pengguna pun langsung sign up, baru kemudian secara bebas dapat mencari teman, lalu chatting,” tandas dia. (vik/mar)