Akses Wikipedia Gratis untuk Pelanggan XL

SURABAYA- Salah satu manfaat yang bisa diperoleh oleh masyarakat atas semakin luasnya jaringan internet adalah kemudahan akses ke sumber-sumber penyedia informasi, ilmu pengetahuan, dan pendidikan. Karena itu, selain pertimbangan bisnis, PT XL Axiata Tbk (XL) juga mengedepankan manfaat perluasan jaringan internet ke berbagai pelosok negeri. Salah satunya dengan memberikan gratis akses ke situs pengetahuan yang sangat populer Wikipedia. Program ini digulirkan secara bertahap di semua operator grup Axiata mulai bulan Maret 2013.
Vice President XL East Region, Kencono Wibowo mengatakan, akses internet akan menghilangkan hambatan ruang dan waktu yang selama ini menjadi kendala utama bagi sebagain masyarakat di daerah terpencil untuk bisa mengimbangi kemajuan yang diperoleh masyarakat perkotaan. ”Kami berharap langkah yang diinisiasi oleh Axiata Group dan Wikipedia Foundation ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Indonesia,” ungkapnya seperti yang tertuang dalam rilis.
Melalui kebijakan ini, pelanggan XL dapat mengakses Wikipedia tanpa dipungut biaya atau berlangganan, baik melalui ponsel (selain BlackBerry) atau tablet. Fasilitas gratis Wikipedia bagi pelanggan XL ini hanya dapat dinikmati untuk Wikipedia mobile version. Dalam program bernama Wikipedia Zero ini, pelanggan XL bisa mengakses halaman bahasa Indonesia, Inggris, Cina, India dan Melayu. Caranya, cukup akses langsung via HP/ tablet di http://zero.wikipedia.org.
Kencono menambahkan, program Wikipedia Zero ini berlaku di semua operator yang tergabung di dalam Axiata Group Berhad. Program ini sekaligus menjadikan XL sebagai operator pertama di Indonesia yang meluncurkan gratis akses ke Wikipedia. Anak perusahaan Axiata yang mendukung layanan Wikipedia Zero adalah Dialog Axiata (Sri Lanka), Smart Axiata (Kamboja), Celcom Axiata (Malaysia), Robi Axiata (Bangladesh) dan XL Axiata (Indonesia). (nda)