Tampil Beda Berkat Rasio 4:3

MALANG – Banyak vendor menancapkan berbagai teknologi terbaik pada produk smartphone. Mulai dari layar, tenaga penggerak, hingga pada fiturnya. Mereka bersaing di pasar gadget yang semakin ketat dengan kelebihan yang diusungnya. Tidak terkecuali LG.
Pabrikan asal Korea ini juga tidak ingin kalah. Melalui produknya Optimus VU, LG memberikan nilai lebih pada layarnya. Ya, karena layar Optimus VU berbeda dengan layar smartphone pada umumnya. Dengan bentang layar 5 inch, layar Optimus VU menggunakan rasio 4.3.  
“Jika produk smartphone pada umumnya menggunakan rasio layar 16:10 sehingga bentuknya lebih memanjang, sedangkan Optimus VU menggunakan rasio layar 4:3, sehingga terlihat kotak,” kata Coustumer Service Erafone Ivan Catur kepada Malang Post kemarin.
Meskipun cukup melawan trend, namun layar kotak pada ponsel ini justru lebih memudahkan memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai aktifitas. Seperti menjelajahi Internet, membuka e-mail, atau membaca media digital, jauh lebih mudah. Termasuk aktivitas mengetik keyboard dengan dua tangan pun menjadi lebih nyaman.
Tampilan kotak pada LG Optimus VU lebih mewah, dengan dukungan panel HD-IPS, yang menghasilkan resolusi kerapatan 256 ppi. Tampilan layar jadi terlihat jernih dan tajam.
Selain layarnya yang tidak biasa, LG juga menambahkan fitur quick memo pada ponsel ini. Dengan fitur tersebut, pengguna akan lebih dimudahkan dalam hal membuat tulisan, juga menggambar seperti halnya di Galaxy Note. Aktifitas menulis dan menggambar itu bisa dilakukan dengan menggunakan jari ataupun stylus yang tersedia.
“Fungsi memo ini dapat langsung diaktifkan dengan menekan tombol mungil di bagian atas. Fungsi ini juga dapat langsung dipakai meski pengguna tengah menerima telepon. Sayangnya stylus tak bisa diselipkan ke tubuh smartphone berketebalan 0,85 cm ini. Karenanya, LG menyertakan cover kulit untuk membawa Optimus Vu berikut stylus. Ini membuatnya terlihat seperti buku diary,’’ tambah Ivan.
Sebagai penyeimbang, LG juga menanamkan mesin bertenaga kuda pada LG Optimus VU ini. Itu karena Optimus VU menggunakan prosesor nVidia Tegra 3 1,5 GHz empat inti plus RAM 1 GB, gadget ini dijamin berlari cepat sangat cepat.
Sedangkan untuk aplikasi menarik lainnya Optimus VU juga menyediakan aplikasi Video Wiz yang berguna untuk melakukan video editing sederhana dengan mudah. Ada lagi layanan RemoteCall Service yang memungkinkan teknisi LG melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara software dari jarak jauh.
“Dengan fasilitas ini, konsumen tak perlu pergi ke service center saat perangkatnya bermasalah,’’ tambah Ivan.  Tapi sayang, di ponsel ini LG tidak memberikan port memory. Pengguna harus puas dengan memory 32 GB yang tertanam pada ponsel ini.(vik/nda)