Teknologi Mumpuni, Harga Terjangkau

MALANG– Vandroid T, salah satu tablet PC besutan Advan mulai dikenalkan kepada masyarakat. Tablet dengan lebar layar 7 inci, ini cukup menarik karena teknologinya yang sudah mumpuni, dan harganya yang sangat terjangkau yaitu Rp 1,2 jutaan. Sebagai tablet PC ciptaan vendor lokal ini memang cukup baik dalam hal teknologinya. Hadir dengan dua warna hitam dan putih ini telah menggunakan prosesor ARM Cortex A9 berkecepatan 1.0Ghz dilengkapi memori RAM 512MB DDR3. Dengan prosesor tersebut, pengguna pun tidak perlu khawatir tentang lambatnya sistem tablet karena hampir semua aplikasi dapat dibuka.
Namun begitu, Vandroid T sendiri tidak memberikan space yang banyak dalam soal penyimpanan. Tablet ini hanya memiliki memory internal sebesar 512 MB. “Tablet ini memang tidak unggul pada internal memorinya, karena cukup kecil yaitu hanya 512 saja. Dan itu juga sangat membantu kinerja tablet. Jika ingin menyimpan file data berupa musik, film, ataupun foto, pengguna dapat memanfaatkan slot memori yang dapat diisi hingga 32 GB,” kata Badri, pemilik Karna Jaya Cell. Tablet ini juga telah mengusung Android 4.0.4 sebagai operating systemnya.
Sementara untuk layarnya, Vandroid T hanya menggunakan layar TFT (480 x 800). “Kalau layar memang berbeda antara Vandroid T dengan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 yang memiliki resolusi layar cukup tinggi. Tapi soal harga, tablet ini masih banyak yang mencari,” paparnya. Layar memang bukan andalan. Tapi bukan berarti pengguna tidak bisa bermain-main. Sekalipun memiliki resolusi layar kelas menengan tablet ini masih bisa sebagai sebagai alat memutar film. Sementara fasilitas lain yang ada di tablet ini juga cukup memupuni. Sebut saja, kebutuhan mengakses internet (browsing, email, chatting) pengguna dapat langsung menggunakan.
Sedangkan untuk koneksi internet internet, tablet PC ini sudah dilengkapi perangkat modul WiFi 802.11b/g/n (WLAN), modem GSM 3G/HSDPA terintegrasi dan konektivitas bluetooth terintegrasi serta sensor GPS. “PC tablet ini terintegrasi dual kamera (depan dan belakang) dengan fungsi foto dan perekam video. Tapi begitu resolusinya jugacukup kecil yaitu hanya 2 megapixel,’’ tambah Badri sambil mengatakan tablet ini juga dilengkapi dengan fasilitas standar dari Google Android seperti Gmail, Maps, Android Market (Play Store), Google Search, YouTube, Google Talk dan lain sebagainya. (vik/mar)