Lumia 710 Terfavorit

MALANG– Sekalipun bukan produk baru, namun Nokia Lumia 710 tetap menjadi favorit kalangan pecinta windowsphone. Itu karena ponsel ini memiliki segudang kelebihan yang dijadikan Nokia sebagai senjata andalan, selain harganya juga terjangkau. Badri, pemilik Karna Jaya Cell menyebutkan, secara desain ponsel ini memang hadir dengan bentuk sederhana. Konsep minimalis diusung pada smartphone ini. “Lumia 710 dibungkus dengan cangkang plastik tanpa sentuhan logam yang hadir dengan berbagai warna-warna cerah,” katanya.  Meskipun sederhana, Lumia juga memiliki nilai ergonomis yang sangat baik. Dengan ukuran layar 3,7 inci, smartphone ini ini memiliki ukuran lebar yang nyaman digenggam, terutama dengan lengkungan manis di tiap sudutnya. Bahkan Nokia memberikan kemudahan pengguna untuk mengoperasikan ponsel ini meski hanya menggunakan satu tangan.
Badri juga menjelaskan Lumia 710 mengadopsi aturan baku Microsoft untuk Windows Phone. Yang memiliki arti terdapat sepasang tombol volume, tombol kunci layar atau power, tombol shutter dua langkah, serta tombol Back, Home, dan Search. Tombol fisik mungkin dianggap penghematan, tapi ternyata punya kelebihan tersendiri.  “Fitur ini berguna khususnya untuk para mobile gamer, karena tidak perlu khawatir dengan tersentuhnya tombol yang dapat mengganggu permainan,’’ katanya.  Agar tetap tampil segar, Nokia juga memberikan pilihan kepada penggunanya untuk melakukan personalisasi dengan menyediakan cover belakang dalam berbagai variasi warna. Tidak hanya sekadar cover baterai saja, bagian cover belakang Lumia 710 juga menjangkau sisi samping fisik smartphone ini, termasuk tombol volume dan kamera, sehingga memberikan personalisasi warna dual tone yang seimbang.
Sementara untuk kinerja Lumia 710 patut diberi acungan jempol. Berkat aturan Microsoft yang ketat mengenai penggunaan komponen sistem, Anda tidak perlu khawatir bahwa smartphone ini akan memberikan kinerja yang biasa-biasa saja. Nokia menanamkan prosesor Qualcomm single-core  berkecepatan 1.4 GHz dengan memori 512 MB untuk menjalankan Windows Phone versi 7.5 atau yang akrab disapa dengan nama Mango ini. Meskipun spesifikasi Lumia 710 di atas kertas terlihat biasa saja, tapi Badri mengatakan justru berbeda, dan meyakini itulah kelebihan Windows Phone yang telah diatur sedemikian rupa oleh Microsoft.
“Semua fungsi berjalan normal, multitasking yang diperkenalkan pada Windows Phone 7.5 berjalan sempurna dan animasi transisi aplikasi tetap memukau,” ucapnya sembari mengatakan ada satu kelebihan yang dimiliki Lumia jika dibandingkan smartphone berbasis Windows Phone merek lain, yakni tersedianya Nokia Maps dan Nokia Drive, yang hanya tersedia dan dapat digunakan di Nokia Lumia.  Nokia Maps serupa dengan aplikasi Maps atau peta terintegrasi Windows Phone. Namun Nokia menambahkan informasi tujuan populer seperti tempat hiburan, restoran, transportasi, penginapan, serta obyek wisata yang sangat mudah digunakan dengan fitur Nokia City Lens.
Smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera  5 MP yang cukup baik. Hasil tangkapan foto dari kamera dapat dibilang cukup oke dengan reproduksi warna mendekati natural, sayang tingkat noise cukup tinggi pada kondisi minim cahaya. Kemampuan foto makro juga cukup baik dan jelas. Apalagi ponsel ini juga menggunakan layar dengan teknologi Clear BlackDisplay (CBD), sebuah istilah untuk penyertaan lapisan polarisasi di bawah layar untuk mengurangi efek pantul dari cahaya terang. Meskipun masih menggunakan teknologi TFT LCD, layar CBD mampu meredam pantulan cahaya eksternal, memberikan layar Lumia 710 tingkat kontras dan kecerahan yang sangat baik serta reproduksi warna natural, hampir menyamai layar dengan teknologi OLED dan variannya. (vik/mar)