Lebih Dekat Lewat WeChat

MALANG– Maraknya penggunaan smartphone, mendapat respons dari masyarakat. Tidak hanya ponsel yang memiliki teknologi canggih, tapi juga mengisi ponsel dengan berbagai aplikasi menarik. Salah satu aplikasi yang kerap nongkrong pada smartphone adalah Wechat. Yakni aplikasi chatting yang saat sedang popular, seiring iklannya kerap muncul di media televisi. Hampir seluruh pengguna smartphone melengkapi ponselnya dengan aplikasi yang dikenalkan sejak April 2012. Terlebih aplikasi ini juga tidak memiliki platform khusus alias dapat diunduh melalui BlackBerry, Android ataupun Windows phone.
Almas Safina, salah satu pengguna aplikasi ini menyebutkan beberapa kelebihan WeChat, yakni memberikan kebebasan pengguna untuk melakukan video call.  “Saat tahu aplikasi ini menyediakan menu video call, saya langsung tertarik. Karena fasilitas ini mendukung saya tetap bisa berhubungan dengan teman-teman yang jauh dengan face to face,” katanya.  Bukan itu saja, kepuasan Almas untuk menikmati video call ini selain bisa lebih dekat dengan teman-temannya aplikasi tersebut digunakan secara gratis. “Tadinya saya berpikir video call ini mahal, tapi setelah saya menggunakan beberapa kali ternyata betul-betul gratis,” lanjut dia.
Bukan itu saja, Almas juga mengatakan aplikasi ini juga menyediakan menu pesan suara. Meskipun cukup jarang digunakan, namun menu  ini cukup seru. “Kadang kalau iseng kirim pesan suara dengan WeChat. Hanya untuk seru-seruan saja, apalagi aplikasi ini juga memiliki grup chat yang unik, sehingga adanya pesan suara obrolan kami semakin gokil,” ucapnya.
Namun dari semua menu yang ada, Almas dan teman-temannya tetap menggunakan pesan teks untuk berkomunikasi. Lebih simpel , untuk berkomunikasi dan aplikasi ini memiliki banyak emoticon. Bahkan, aplikasi ini juga terus melakukan update untuk emoticon dan smiley, sehingga pengguna juga tidak merasa bosan. (vik/mar)