Lima Cara Kreatif Bermain Aplikasi Foto dan Grafis

AKHIR -akhir ini semakin ngetren aplikasi ringan dan mudah untuk foto-foto di smartphone. Tidak sekadar mengolah foto untuk menghasilkan gambar atraktif seperti Instagram, melainkan juga aplikasi berbasis grafis seperti instaplace atau instaweather. Campuran keduanya membuat gambar tidak lagi berdiri sendiri melainkan diperkuat dengan unsur grafis yang provokatif. Alhasil, perpaduan fotografi plus grafis membuat kemasan foto semakin unik dan kreatif. Bagaimana membuat 'produk' semacam itu tampil menarik?

1.    Pastikan foto yang dihasilkan sudah menarik sejak pengambilan gambar. Foto tidak hanya dijepret sekenanya. Melainkan tetap memperhatikan cahaya, komposisi, warna, angle dan cerita yang unik. Dengan menjaga foto tetap berkualitas sejak awal, maka menjadi modal kuat sebelum diberi tambahan unsur grafis.

2.    Karena akan ditambah unsur grafis seperti ikon dan huruf, pastikan ada bidang kosong sebuah foto untuk diberi unsur grafis tersebut. Sehingga, tata letak (lay out) yang nantinya dihasilkan bakal lebih menarik. Misalkan dalam sebuah aplikasi menempatkan unsur grafis berada di bawah atau samping kiri, maka fokus cerita berada di atas atau di samping kanan. Sehingga, grafis tidak merusak cerita secara keseluruhan melainkan memperkuat cerita. Oleh karena itu, sebelum memotret, perlu dipelajari aplikasi tersebut dengan baik. Sehingga segala kemungkinan saat pemotretan dapat diantisipasi, terutama menyiasati letak grafis (lay out).
3.    Usahakan antara foto dengan caption di grafis ada kesinambungan cerita. Misalkan foto di dalam sebuah kafe, tentu kurang nyambung bila diberi keterangan cuaca. Atau foto makanan namun tulisannya tentang tempat, pastinya kurang pas.

4.    Tetap menjepret sebanyak-banyaknya, tidak terpaku pada ketersediaan grafis/layout. Sehingga dengan banyaknya koleksi foto, maka dapat dipergunakan sewaktu-waktu bila ada ide yang sesuai untuk membuat cerita dengan grafis/layout di aplikasi tersebut. terkadang ide memotret dengan ide berupa kata-kata tidak muncul berbarengan. Misalkan menemukan gambar daun yang fotogenik, namun belum menemukan caption yang tepat. Sebaliknya, sudah menemukan caption/tagline yang unik, namun belum menemukan ilustrasi yang pas.

5.    Dengan fitur di smartphone tertentu, coba masukan unsur humor atau joke yang unik dengan coretan tangan. Tambahkan unsur humor supaya tidak terlampau serius dan membuat orang tersenyum. (dk/mar)