Pindah Data Aman dengan USB Connection Kit

MALANG– Pengguna Samsung Tab tidak perlu bingung lagi saat memindah data dari CPU ke tablet. Itu karena pabrikan asal Korea ini menghadirkan alat atau sarana untuk perantara pemindahan data. Yakni USB Connection Kit. Alat ini sangat fleksibel, karena memindah data apapun bisa dilakukan melalui USB ataupun SD Card. “Sebelumnya pemindahan data dilakukan dengan mencolokkan kabel USB ke CPU.  Tapi dengan alat ini, pengguna tidak perlu melakukan itu. Cukup menyimpan data ke flaskdisk atau ke SD Card, kemudian menggunakan konektor ini maka data di flashdisk dan SD Card akan langsung terbaca,’’ terang Customer Service Ego Cell, Lismiati Nurjanah kemarin.
Respons itu juga dibuktikan dengan penjualan alat ini. “Seperti sifatnya, tablet merupakan gadget yang kerap dibawa secara mobile, itu sebabnya jarang ada orang yang mau ribet, sehingga memanfaatkan berbagai alat yang ada,’’ tambah Lismiati. Tapi begitu, dia juga mengatakan pengguna tetap harus waspada untuk melakukan pemindahan data karena memori internal tablet yang tidak terlalu besar. “Pengguna harus tetap melihat kapasitas memori pada tablet, jangan sampai memory tablet jebol, akibat penyimpanan data yang penuh,” tambahnya.
Wanita berjilbab ini menambahkan jika sekalipun bermerek Samsung namun alat koneksi ini bersifat universal yakni bekerja dengan tablet merek apapun, dengan port yang sama. “Yang harus diperhatikan oleh pengguna untuk menyimpan data melalui konektor ini adalah formatnya. Pengguna harus memastikan format SD Card atau Flasdik adalah bertipe FAT32. Karena untuk sementara ini format itulah yang dapat dibaca dan disambungkan dengan alat ini,” pungkasnya. (vik/mar)