Perkawinan BB dan Android

MALANG – Hadirnya BlackBerry Z10 di pasar ponsel, memberikan nuasan berbeda. Ponsel ini, tak hanya mendukung operating system (OS) BlackBerry 10, tapi juga running di OS Android.
Titel smartphone pun layak disandang ponsel yang hadir di Indonesia dengan dua warna, hitam dan putih ini. Terlebih dari segi spesifikasi, ponsel ini didukung dengan teknologi yang mumpuni. Lantaran itu juga, meskipun berharga relatif mahal, ponsel ini laris manis di pasaran.
Badri, pemilik Karna Jaya Cell Malang Plaza mengatakan, banyak spesifikasi di Z10 yang tidak dimiliki ponsel lainnya. Itulah yang menjadi alasan user membeli BlackBerry Z10.
Diantarannya, OS BlackBerry 10. OS yang dikenalkan RIM ini berbeda dengan OS 7, yang disematkan pada BlackBerry generasi sebelumnya. Selain dapat menjalankan aplikasi BlackBerry secara keseluruhan, OS 10 ini juga dapat menjalankan aplikasi android, yang notabene memiliki ratusan ribu aplikasi dengan tampilan lebih menarik.
‘’Salah satu alasannya karena ponsel ini dapat dikombinasi dengan aplikasi android. Bahkan, dengan Blackberry Z10, pengguna tidak lagi menggunakan data atau paket BlackBerry secara khusus. OS tersebur sudah dapat diakses menggunakan segala paket data internet,’’ kata Badri.
Alasan kedua yang membuat ponsel ini dicintai penggunanya adalah, pengamanan. OS 10 yang ditanam pada BlackBerry Z10 ini, mampu menyimpan dan mengamankan seluruh data pengguna. Bahkan, jika ponsel ini hilang sekalipun. Data yang tersimpan pada ponsel tidak akan hilang, karena secara otomatis tersinkron pada email pengguna.
‘’Pengamanan ini syaratnya hanya satu. Pengguna harus memiliki BlackBerry ID. Jika BlackBerry ID tersebut dimasukkan pada ponsel baru, secara otomatis seluruh data yang ada di ponsel yang lama, akan terhapus dan pindah pada ponsel yang baru,’’ tambah Badri.
Karena itu pula, beberapa konter penyedia Z10, sering kehabisan stok. Meski harganya bakal mengikuti harga pasaran. ‘’Jika tidak ada barang harganya bisa naik. Tapi sekarang harganya cukup stabil. Stok barang di Malang cukup banyak,’’ katanya.
Saat ini, harga Z10 putih garansi resmi Rp 7.2 juta, sedangkan untuk Z10 hitam harganya Rp 7.050.000. ‘’Ada selisih harga antara hitam dan putih, dan semuanya bergaransi resmi,’’ katanya.
Sementara itu promotor BlackBerry, Mega Mustika mengatakan, ponsel ini sangat layak dimiliki. Selain mampu menyajikan data secara cepat, karena didukung dengan prosesor dual-core 1.5GHz CPU, RAM 2GB, memori internal 16GB dan slot microSD, tampilan layar Z10 juga lebih apik.
‘’Ponsel ini menggunakan layar sentuh berukuran 4,2 inci dengan resolusi display 1280 x 768p dan kepadatan gambar 356 piksel per inchi (ppi), yang  sangat responsif, dengan 4 point multi-touch.  Seluruh warna akan tampak lebih jernih dan tajam pada layar ponsel ini,’’ kata wanita yang bertugas di Toko Tiga Putra Malang Plaza ini.
Sedangkan untuk spesifikasi lainnya, Mega pun menjelaskan, Z10 memiliki layar ukuran 130 x 65,6 x 9 mm dan bobot 135 gram, layar sentuh berukuran 4,2 inci dengan resolusi display 1280 x 768p dan kepadatan gambar 356 piksel per inci (ppi), prosesor dual-core 1.5GHz CPU, RAM 2GB, memori internal 16GB dan slot microSD, baterai berkapasitas 1.800 mAh yang diklaim memiliki masa talk time lebih dari 10 jam.
BlackBerry Z10 ditanamkan dua kamera, yakni di bagian belakang dan depan. Belakangnya memiliki resolusi 8 megapiksel dengan autofocus, 5x digital zoom dan kemampuan rekam video full-HD 1080p. Sedangkan kamera depan resolusi 2 megapiksel dengan fitur 3x digital zoom dan kemampuan rekam video HD 760p.
BlackBerry Z10 didukung WiFi 802.11 a/b/g/n, 4G, NFC, Bluetooth 4.0 dan juga GPS. ‘’Yang membuat ponsel ini berbeda adalah fitur video call BBM. Video call BBM Z10 ini bisa digunakan dengan via WiFi maupun paket data,’’ tandas wanita berambut panjang ini. (vik/avi)