Informasi Gratis Kondisi Cuaca

SURABAYA- Indonesia hingga saat ini dikenal sebagai negara agraris, yaitu negara yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian di sektor pertanian. Dinas Pertanian dan Kehutanan di Indonesia pun sangat mendorong petani lokal untuk menerapkan teknologi pertanian dan teknologi informasi seperti ponsel dan perangkat elektronik lainnya.  PT. XL Axiata Tbk (XL) didukung oleh TotoAgriculture (organisasi non-profit yang didanai oleh Bill dan Melinda Gates Foundation) meluncurkan layanan XL Bumiku. XL Bumiku merupakan solusi terpadu yang berisikan informasi pertanian. Saat ini layanan yang dliluncurkan adalah informasi perkiraan cuaca gratis langsung dari ponsel untuk meningkatkan produktivitas dan konektivitas sektor pertanian di Indonesia.
Layanan informasi cuaca gratis ini dapat diakses melalui UMB Channel (*123*110#) dan juga SMS ke 1100. Para petani dapat berlangganan XL Bumiku dengan mengetik Bumiku#Wilayah dan kirim ke 1100 (Contoh: Bumiku#Pekalongan). Selain itu informasi cuaca gratis ini dapat diterima sesuai dengan permintaan, caranya dengan mengetik Cuaca#Wilayah#Jumlah Hari kirim ke 1100 (Contoh Cuaca#Pekalongan#1 ). General Manager FMS XL East Region, Adi Yuharman mengatakan semakin terjangkaunya pengguna seluler di kalangan petani, maka fitur XL Bumiku ini sangat membantu mereka karena layanan ini bisa memprediksi sampai tiga hari ke depan sehingga petani bisa antisipasi apa yang harus dilakukan.
“Wilayah-wilayah yang dapat diakses oleh XL Bumiku adalah Banyumas, Bandung, Garut, Kudus, Pati, Pekalongan, Purwodadi, Tegal, Magelang, Purwokerto, Majalengka, Tasikmalaya, Madiun, Probolinggo, Serang, Jakarta Selatan, Kisaran, Labuhan Batu, Padang Sidempuan, Siantar, Tapanuli dan Jambi,” tutur Adi dalam rilisnya kepada Malang Post kemarin. Sebab itu, dapatkan info cuaca gratis sesuai lokasimu hanya dengan XL Bumiku! (mar)