Ringan Tapi Tangguh, Stylish dan Ergonomis

MALANG– Beratnya memang hanya 228 gram. Tapi dibalik keringanannya itu, kamera ini memiliki kelebihan, yang membuat decak kagum. Bahkan, kamera ini menjadi salah satu kamera yang paling laris di kelasnya,yakni Canon Power Shot D20. Meskipun bentuknya pocket, tapi kamera ini menawarkan kinerja prima dalam situasi  outdoor, termasuk underwater. Itu karena kamera ini menggunakan sensor CMOS 12.1 megapiksel, yang mampu menghasilkan hasil jepretan gambar dengan kualitas HD. Sekalipun hanya pocket, secara desain kamera ini mampu menampilkan kesan tangguh, stylish dan ergonomis. Dengan bentuk yang sedikit tebal, D20 sangat stabil dan nyaman saat handling di bawah air.
“Kamera ini tahan hingga kedalaman 10 meter  atau 33ft,” kata karyawan Pantai Photo, Jelita Hendriawan. Berbeda dari kamera compact PowerShot dan Ixus seri terbaru lainnya yang sudah dilengkapi dengan prosesor Digic 5, Canon justru masih melengkapi D20 ini dengan prosesor Digic 4. Namun, hal tersebut tidak menjadikan kamera compact underwater ini kehilangan kinerja dan kualitas. Walau memang pada akhirnya berpengaruh sekali pada shutter-lag dan sistem autofocus yang sedikit lambat, sehingga membutuhkan waktu beberapa detik sebelum mencapture gambar kembali. Kamera ini merupakan kamera amfibi yang memiliki ketangguhan luar biasa.
Memang awalnya, kamera ini dirancang sebagai alat dokumentasi bagi para petualang dengan beragam aktivitas di alam liar. “Meskipun begitu, bukan berarti para fotografer amatir dan masyarakat tidak dapat menggunakannya. Terbukti, beberapa fotografer di Malang ini membeli kamera ini,” kata Jelita yang mematok harga kamera ini Rp 3.3 juta.  Sekalipun belum pernah mencoba ketangguhannya, namun Jelita mengatakan jika di alam terbuka kinerja Canon PowerShot D20 ini patut diacungi jempol. Apalagi dibandingkan dengan kompetitornya di kelas yang sama. Kualitas yang dihasilkan di dalam air atau underwater, berada di atas rata-rata kamera sejenis.
Hal tersebut disebabkan oleh teknologi sistem HS  yang dipadukan dengan sensitivitas sensor CMOS yang tinggi serta prosesor gambar DIGIC 4, yang dapat menghasilkan gambar highquality dalam berbagai situasi. Selain itu, lensa Canon 28-140mm yang digunakan pada PowerShot D20 telah dilengkapi dengan Image Stabilizer (IS) yang memungkinkan untuk merekam foto maupun video dengan gambar yang stabil, tidak lagi perlu khawatir gambar menjadi blur akibat efek getaran (shaking). Ketika merekam video, sistem IS pada D20 ini, kinerjanya masih cukup baik dan dapat di set secara otomatis. Dengan begitu lensa akan bekerja secara optimal untuk mengompensasi setiap goncangan. (vik/mar)