Satu Jepretan, Cetak 99 Foto

MALANG– Ponsel tidak hanya berfungsi, sebagai alat komunikasi, dan browsing berinternet. Tapi gadget satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan setiap moment. Itu  seiring dengan maraknya ponsel pintar yang membenamkan kamera beresolusi tinggi dengan berbagai fitur pendukungnya.  Mengabadikan moment pun bukan menjadi masalah. Tentu hasilnya tidak kalah dengan kamera profesional. Terlebih saat ini, banyak aplikasi kamera yang tersedia untuk mendukung pengambilan gambar dengan kualitas HD.  Salah satu contohnya aplikasi kamera yang dikenalkan adalah Fast Burst Camera. Aplikasi ini sangat bermanfaaat, terutama para fotografer yang butuh mengambil gambar cepat. Itu karena aplikasi ini dapat mengambil gambar secara berkesinambungan.
“Tidak main-main, untuk gadget yang memiliki teknologi tinggi, satu jepretan bisa mencetak 99 frame foto. Sehingga momen apapun dengan kecepatan tinggi sekalipun dapat dibidik, dengan hasil yang maksimal,” kata Cluster Koordinator Smartfren Malang, Arief Kurniawan. Menurutnya, aplikasi ini sangat bermanfaat dan dapat digunakan saat pengambilan gambar pada aktifitas olah raga, seperti sepak bola, renang dan olah raga lain.  Pria yang menanamkan aplikasi Fast Burst Camera di ponsel Andromax U-nya ini pun langsung melakukan demo. Diawali dengan menekan tanda aplikasi, selanjutnya keluar menu kamera. Setelah siap, Arif langsung menekan tombol sutter. “Kamera terus menjepret objek dengan cepat, tanpa jeda sedetik pun. Kamera baru berhenti mengambil gambar setelah tombol sutter pada kamera ponsel dilepas,” ungkap dia.
Setelah tombol sutter dilepas, ada jeda waktu untuk melihat hasilnya. “Ini karena ponsel juga butuh waktu untuk melakukan penyimpanan gambar,” lanjutnya. Dia menunjukkan, dari 50 frame foto yang diambilnya, hanya beberapa saja yang hasilnya kurang maksimal. “Device memang mempengaruhi hasil dari jepretan yang kita ambil. Tapi karena Andromax U ini memiliki teknologi stabilizer, hasil jepretan pun hampir semuanya maksimal,” katanya bangga. Arief juga mengatakan pengambilan gambar tidak hanya bisa dilakukan di ruang terbuka yang memiliki cahaya cukup. Bantuan LED flash yang tertanam di samping kamera bisa dimanfaatkan dengan benar. “Aplikasi ini dapat didownload melalui google play store dengan ponsel yang berjalan pada operating system Android, iOS, BlackBerry maupun Windows Phone,” tegasnya.
Masih menurut Arief, hampir seluruh pecinta ilmu fotografi mengupload aplikasi ini ke dalam gadgetnya.  “Sayang jika ada moment penting tidak bisa direkam hanya karena kendala kecepatan,” urainya. Namun begitu, sekalipun sangat bermanfaat, aplikasi ini tidak tersedia gratis. Harga yang dipatok Google yaitu 3.99 USD. Saat membeli, pengguna juga akan mendapatkan fitur tambahan, berupa pengaturan cahaya dan fitur lain. “Kalaupun ada yang gratis itu sifatnya trial, lebih baik membeli karena akan banyak manfaat yang kita dapatkan,” pungkasnya. (vik/mar)