SD Paling Populer

MALANG-  Seiring dengan kemampuan smartphone, kamera digital, dan perangkat gadget terbaru yang kian canggih, kebutuhan media penyimpanan data file yang besar menjadikan kartu memori (memory card) sebagai suatu kebutuhan dasar yang tak terelakkan. Terlebih, buat ponsel lokal yang biasanya minim kapasitas memori internal, maka kartu memori merupakan sebuah solusi handal yang wajib ada untuk mensupport internal memory yang terbatas. Sama halnya dengan ponsel, kartu memory pun memiliki jenis dan spesifikasi yang tidak sama. Disinilah perlu ada kecermatan dalam memilih.  Salah satu teknisi ponsel Andik Kuswanto, mengatakan user harus lebih dulu mempelajari, kartu memori dan mengenalnya sebelum memasukkan ke dalam gadget.
Dari pengenalan itulah kemudian diketahui apakah kartu memory tersebut layak untuk dimasukkan ke dalam ponsel. “Yang sekarang terjadi, user hanya membeli dan langsung memasang. Jika spesifikasi pada kartu memory tersebut tidak support dengan ponsel akibatnya jelas, yaitu ponsel akan rusak,” terangnya. Dengan kata lain, user harus memilih kartu memory yang tepat untuk ponsel ataupun gadgednya.  Pemilik konter Rollan Cell, Malang Plaza inipun menjelaskan, beberapa spesifikasi kartu memori. Seperti jenis SD, SDHC ataupun SDXC. Jenis SD atau SD Cart merupakan kartu memori ukuran standar yang banyak digunakan oleh bermacam produsen atau vendor gadget yang memerlukan media penyimpanan berkapasitas tinggi seperti kamera, camcorder dan laptop mini.
Jenis memori yang paling populer ini memiliki standar tersendiri dibanding memori yang lain. Standar SD Card menggunakan format file bernama FAT16 yang mendukung kapasitas antara 32 MB hingga 2 GB. Memori ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan media dan telah dilengkapi switch Write-Protected yang berfungsi untuk mencegah penghapusan memori secara tidak sengaja.
Jenis lain memory card adalah Secure Digital High Capacity (SDHC) . Jenis ini merupakan pengembangan dari SD card. Sekalipun tidak merubah bentuk dan desainnya, namun kartu ini memiliki kelebihan pada kinerjanya yang lebih cepat.  “Untuk memori jenis SDHC ini format filenya menggunakan FAT32,” tegas dia. (vik/mar)