Tips dan Trik Perpanjang Hidup Baterai BlackBerry Z10

PERANGKAT baru berarti baterai baru. Pertanyaannya berapa lamakah akan bertahan baterai itu? Nah, untuk memperpanjang umur baterai dari BlackBerry Z10 ada beberapa cara yang perlu dilakukan. Berikut tips dan triknya untuk mengetahui hal itu.

1.    Matikan Semua Fitur
Matikan yang tidak digunakan. Seperti WiFi, Bluetooth, dan NFC. Karena hal ini memakan baterai. Gunakanlah seperlunya saja. Jika anda lupa mematikannya, baterai anda akan mulai sedikit demi sedikit melemah. Untuk mengaturnya, pergi ke Settings> Network Connections untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini

2.    Mengurangi Lampu Latar
Untuk menghemat daya baterai BlackBerry Z10,anda bisa kurangi kontras pencahayaan menjadi sekitar 10 hingga 20 persen.

3.    Mengatur Screen Timeout
Jika anda sudah siap menggunakan BlackBerry Z10 anda, usahakan mengatur screen timeoutnya. Bisa anda turunkan menjadi beberapa detik. Ini akan mematikan layar lebih cepat.

4.    Kunci Perangkat
Pastikan BlackBerry Z10 anda terkunci. Agar menghindarkan perangkat anda terbuka terus karena hal ini bisa menguras daya tahan baterai tersebut. Tekan tombol yang ada di bagian atas BlackBerry Z10 untuk mengunci perangkat.


5.    Mengubah Pengaturan Refresh
Merefresh disini maksudnya adalah jika anda memiliki banyak media sosial atau aplikasi berita, pasti akan muncul setiap ada pemberitahuan akan langsung muncul. Nah, hal ini juga menguras daya tahan baterai. Coba anda atur interval muncul berita itu sekitar satu jam atau sesuai yang anda butuhkan.

6.    Atur Network
Coba atur network anda. Hal ini akan berpengaruh juga kepada daya tahan baterai BlackBerry Z10 karena akan terus mencari sinyal. Dan apabila sinyal jaringan tidak ada (SOS) baterai akan cepat lemah karena BlackBerry tersebut akan mencari sinyal terus menerus. Usahakan menggunakan 2G untuk GSM.

7.    Tutup Frame
Tutup beberapa frame yang tidak terlalu penting. Seperti aplikasi cuaca dan baterai karena mereka akan refresh sendiri. Pastikan frame yang tidak digunakan untuk di non aktifkan.

8.    Use IMAP
Untuk menggunakan email, coba anda pakai IMAP karena dapat diatur interval muncul e-Mail pada ponsel. Jadi anda tidak akan repot untuk mencharger selalu BlackBerry Z10 anda.

9.    Charge
Saat mencharger BlackBerry jangan ditinggal tidur karena akan menyebabkan baterai gembung atau pun soak (rusak). Usahakan mengisi baterainya pada saat berada dekat juga dengan chargernya dan lagi santai.

10.    Aksesori
Menginginkan baterai anda tidak akan mati? Gunakan Charger »”>Battery charger dari BlackBerry. Ataupun anda bisa menggunakan power bank.Anda bisa mencharger dimana saja dan kapan saja. (dk/mar)