Samsung Klaim Penguasa Pasar Ponsel Indonesia

PENGUASA : Kehadiran Galaxy S4 diakui Samsung sebagai penguasa pasar ponsel di Indonesia.

JAKARTA- Samsung mengklaim telah menjadi penguasa pasar ponsel Indonesia. Kombinasi penjualan smartphone dan feature phone dinyatakan telah melebihi para kompetitor lain. “Sejak tahun 2012, kami sudah berada di posisi nomor satu berdasarkan hasil riset dari Gfk (institusi riset internasional,red),” kata Vice President Mobile Phone Samsung Electronics Indonesia, Andreas Rompis. Namun, dia menolak menyebutkan berapa persisnya market share yang dimiliki Samsung. “Pastinya di Android, empat dari lima ponsel yang terjual adalah produk Samsung,” terang dia. Menurutnya, Samsung akan terus melanjutkan strateginya selama ini, yaitu agresif memasarkan ponsel di semua segmen.
“Kita ingin menjadi yang terbaik di semua segmen, dari low end sampai high end,” tambahnya. Ditambahkan Andreas, kehadiran Galaxy S4 menjadi andalan baru di segmen premium. “Sekitar 5.000 unit Galaxy S4 yang disediakan dalam masa preorder sudah habis,” ungkap dia. Dijual senilai Rp 7,5 juta, Galaxy S4 masuk katagori high end. Di rentang harga yang kurang lebih sama, ada iPhone 5, Xperia Z, BlackBerry Z10 dan segera menyusul HTC One yang masih tertunda pemasarannya. “Kita ini tidak mau memilih-milih musuh. Kita hanya fokus untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen,” tukasnya saat peluncuran Galaxy S4 di Grand Hyatt, Jakarta.
Di sisi lain, Andreas meyakini ponsel katagori premium akan semakin diminati di Indonesia. Meskipun harganya memang mahal, namun sepertinya pantas dengan segenap kelebihan yang ditawarkan. “Karena inovasi smartphone high end semakin maju dan orang saat ini semakin melihat valuenya. Harga dan benefit yang diberikan membuat mereka puas,” ujarnya. Dia menyatakan, consumer launch Galaxy S4 di Indonesia akan dilakukan di Grand Indonesia, 4 Mei atau Sabtu besok. “Galaxy S4 sudah hadir di Indonesia. Ini bukan smartphone biasa saja tetapi bisa menjadi teman, life companion,” tambah Managing Director Samsung Indonesia, Yoo Young Kim. Dikatakannya, life companion memang menjadi tema Galaxy S4. Di mana beberapa fiturnya dalam bidang software diklaim dapat memudahkan kehidupan penggunanya.
“Misalnya S Translator untuk menerjemahkan bahasa seketika dan mendukung text to speech melalui speaker. Kecanggihan yang coba ditonjolkan adalah Air View dan Air Gesture. Air View memungkinkan user melihat preview konten tanpa menyentuhkan jari ke layar, misalnya saat melihat foto. Kemudian Air Gesture membuat ponsel mengenali lambaian tangan, misalnya untuk memindahkan foto cukup dengan lambaian saja. Untuk Indonesia, Galaxy S4 yang dijual adalah versi octa core Exynos 5 Octa,” pungkas Yoo Young Kim. (dk/mar)