Galaxy S4 Laris Manis

MALANG– Penantian panjang terhadap Samsung Galaxy S4, akhirnya terjawab. Sejak Sabtu (4/5) lalu, ponsel generasi terbaru Samsung ini mulai mejeng di beberapa etalase atau gerai penjualan ponsel di Malang. Seperti dugaan sebelumnya, kehadiran ponsel berbasis Jelly Bean ini langsung direspons oleh masyarakat, untuk membeli produk asal Korea Selatan ini.  “Kemarin kami mendapat kiriman 10 unit dari Jakarta, dan sudah habis. Ini juga sudah ada yang inden,”  terang Frontliner Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Ivan Catur kepada Malang Post kemarin. Dia menambahkan, jika ponsel ini banyak dicari oleh masyarakat. Bahkan kehadirannya pun akan menggantikan penjualan Samsung Galaxy S3.
Menurut dia, penjualan Galaxy S4 ini lebih tinggi dibandingan kakaknya, Galaxy S3. Itu karena teknologi pada Galaxy S4 lebih canggih. Sebut saja prosesornya, menurut Ivan, Samsung menanamkan prosesor Exynos 8 core (octa-core) dengan kecepatan 1,6 GHz. Tentu dengan prosesor tersebut kinerja ponsel ini tidak perlu diragukan.  Terlebih, prosesor yang tertanam tersebut dibagi dibagi dua, yaitu prosesor quad core berkecepatan 1.6 GHz dan 1.2 GHz. “Samsung selalu menghadirkan teknologi  dan inovasi terdepan untuk kehidupan konsumen yang lebih baik,” katanya. Terkait dengan spesifikasi smartphone seharga Rp 7,4 jutaan itu, Ivan menjelaskan mirip Galaxy S3. Dimensinya pun tak terpaut jauh, tapi layar yang diusungnya lebih lebar, yakni 5 inci.
Layar seluas itu mampu menampilkan foto ataupun video dalam format full HD. Tampilan layar menjadi sangat tajam dan jelas berkat kerapatan piksel hingga 441 ppi.“Ponsel ini memiliki dimensi 136,6 x 69,8 x 7,9 milimeter. Cukup ringan, karena berat total ponsel ini hanya 130 gram,’’ tambah Ivan, sembari mengatakan yang membuat ponsel ini ringan, karena casing pada ponsel hanya terbalut plastik.  Salah satu yang menarik dari spesifikasi Galaxy S4 ini adalah disematkannya teknologi usang, yakni infrared. Tentu kehadiran infrared ini bukan tanpa maksud. Berkat teknologi itu, Galaxy S4 bisa difungsikan sebagai remote control. Ya, untuk memindahkan channel atau mengatur volume suara televisi atau pemutar DVD, bisa dilakukan dengan ponsel ini.
Sedangkan untuk fiturnya, Ivan pun menyebutkan Samsung Galaxy S4 menghadirkan berbagai fitur inovatif. Untuk mengabadikan momen indah, tersedia fitur Dual Camera, Drama Shot, serta Sound dan Shot. Dual Camera memungkinkan pengambilan gambar dengan kedua kamera, depan dan belakang, secara bersamaan. Sedangkan Sound dan Shot menyimpan suara saat pengambilan gambar. Ada pula fitur Group Play, yang dibuat untuk berbagi dan menikmati musik, foto, dokumen, dan permainan hingga delapan orang di sekitar, yang juga menggunakan Galaxy S4. Hebatnya, semua itu bisa dilakukan tanpa menggunakan koneksi Wi-Fi ataupun sinyal seluler.  Tak hanya itu, Galaxy S4 juga dilengkapi dengan inovasi teknologi untuk memudahkan kegiatan sehari-hari.
Seperti mengganti musik dengan hanya mengibaskan tangan di atasnya. Ini dimungkinkan berkat fitur Air Gesture atau manfaatkan fitur Air View ketika ingin mengintip foto atau e-mail. Cukup melayangkan jari di atas layar, maka akan tampil preview isi folder tersebut. “Fiturnya banyak sekali, antara lain Samsung Smart Pause, yang memungkinkan mengontrol layar hanya dengan menatapnya,  Samsung Hub, layanan satu akses untuk menikmati lima layanan sekaligus, Samsung WatchOn, layanan video dan film terbaik, Samsung Apps, layanan terbaru yang menyediakan fungsi pencarian, serta Samsung ChatOn, menawarkan pengalaman berkomunikasi lebih menarik,” pungkasnya. (vik/mar)