Tabulet Troy Duos 3G Diperkenalkan

MALANG– Satu lagi tablet baru dikenalkan kepada masyarakat, yakni Troy Duos 3G.  Tablet  dengan bentang layar 7 inci ini merupakan tablet besutan dari Tabulet. Sekalipun merupakan produk lokal, namun teknologi di dalam Troy Duos tidak kalah dengan tablet keluaran pabrikan universal. Mashudi, pemilik Juragan Tablet, Plasa Dieng menyebutkan Troy Duos merupakan tablet yang berjalan pada jaringan 3G yang di dalamnya juga terdapat fitur analog TV.
Sekilas, memang bentuk Troy Duos 3G ini memiliki desain yang mirip Samsung Galaxy Tab. Namun, begitu saat diteliti lebih detail terutama di bagian belakangnya, terlihat jelas perbedaannya. Itu karena dibagian belakang terdapat tulisan "Tabulet" besar yang terletak tepat di bagian tengah. Selain itu di bagian belakang juga terdapat kamera, LED flash, serta sebuah speaker, yang tentuk tidak ditemukan pada Samsung Galaxy Tab.
Tabulet Troy Duos 3G memiliki layar berukuran 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Layarnya juga memiliki kerapatan sebesar 160 DPI. Kombinasi tersebut cukup wajar bila layanya terlihat sedikit buram dan tak terlalu baik. Namun, secara keseluruhan masih cukup nyaman untuk dipandang. Fisiknya memiliki ukuran 19,5 x 12,2 x 1,1 cm.  Sementara kinerjanya, Tabulet menyematkan CPU MediaTek 6577 dengan prosesor ARMv7 1 GHz dual core yang ditemani dengan GPU Mali-400. Dalam kotaknya, Tabulet menuliskan bahwa prosesornya dual core 1,5 GHz. Performa tersebut kian apik dengan sistem operasi Android Jelly Bean versi 4.1.1. “Produk ini lebih unggul karena, Tabulet memberikan sambungan multimedia yang cukup lengkap untuk penggunanya. Mulai dari Analog TV, slot mini HDMI, hingga platform Radio FM. Selain itu, Tabulet turut memberikan kemampuan eksternal memori berupa micro SD hingga 32 GB,” katanya.
Tablet ini kian lengkap dengan adanya fitur kamera. Seperti tablet pada umumnya, Troy Duos 3G ini menggunakan kamera 2 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash. Sayangnya, kamera ini belum memiliki fitur auto focus. Sedangkan untuk kamera sekunder Tabulet yang menanamkan lensa VGA pada Troy Duos 3G. “Tablet ini dijual dengan harga Rp 1,7 jutaan,’’ tandas dia. (vik/mar)